Sekretaris Eksekutif UNESCAP Puji Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sekretaris Eksekutif UNESCAP, Dr. Noeleen Heyzer, memuji peran Indonesia dalam meningkatkan kerja sama pembangunan sosial dan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Dr. Heyzer juga menyampaikan harapannya agar peran konstruktif Indonesia dapat dilanjutkan melalui forum UNESCAP di masa mendatang. Ditambahkannya proses demokratisasi dan governance yang terjadi di Indonesia sungguh mengagumkan dan dapat menjadi contoh bagi negara-negara di kawasan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6,5% juga mengagumkan di saat situasi perekonomian di kawasan lain yang kurang baik akhir-akhir ini.

Pernyataaan Sekretaris Eksekutif UNESCAP disampaikan pada saat menerima kunjungan perkenalan Duta Besar RI di Bangkok, Lutfi Rauf di kantor UNESCAP Bangkok. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Lutfi Rauf menyerahkan Letter of Introduction mengenai penunjukan dirinya selaku Wakil Tetap RI yang baru untuk UNESCAP.

Dubes / WATAP RI Lutfi Rauf pada pertemuan tersebut menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan peran konstruktif Indonesia pada UNESCAP. Dubes Lutfi Rauf menggarisbawahi kebijakan Pemerintah Indonesia yang menekankan antara lain perlunya peningkatan kerja sama regional di bidang keamanan pangan, energi dan pertanian berkelanjutan. Sekretaris Eksekutif mengamini pandangan tersebut serta menambahkan Indonesia memiliki peran penting untuk mendorong kerja sama konkrit di kawasan Asia Pasifik dalam kerja sama isu-isu termaksud. Dalam kaitan tersebut, Sekretaris Eksekutif menyampaikan harapan kiranya kehadiran Indonesia pada UN Conference in Sustainable Development Rio + 20 dapat menyuarakan pula aspirasi kepentingan kawasan Asia Pasifik terkait keamanan pangan dan pertanian berkelanjutan.

UNESCAP adalah komisi regional PBB di bidang ekonomi dan sosial untuk kawasan Asia Pasifik dan beranggotakan 53 negara. Center for Alleviation of Poverty through Sustainable Agriculture (CAPSA) adalah salah satu dari lima badan subsidiari UNESCAP yang berkedudukan di Bogor, Indonesia. (mph/sp)