Resepsi Diplomatik Bersama Dalam Rangka HUT 65 Tahun Hubungan RI-Thailand

​​

P​​ada tanggal 25 November 2015, KBRI Bangkok bersama Kementerian Luar Negeri Thailand bersama menggelar resepsi diplomatik syukuran peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand bertempat di Vithes Samosorn hall, Kementerian Luar Negeri Thailand. Dibuka oleh H.E. Suvat Chirapant, Deputy Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri Thailand dan H.E. Lutfi Rauf, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand. 

Acara dilanjutkan dengan upacara potong tumpeng nasi kuning yang dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand dan diserahkan kepada perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Kerajaan Thailand. Dalam acara ini, dilaksanakan juga peluncuran novel klasik Indonesia berjudul  Sukreni Gadis Bali yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Thailand dan novel Thailand berjudul Momok yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Program penterjemahan dan penerbitan karya sastra klasik dari kedua negara ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama yang dituangkan dalam Joint Commission Meeting ke-8 antara menlu kedua negara di Bangkok tahun 2013.

Sebagai bagian dari pertukaran budaya kedua negara, acara diisi dengan berbagai pagelaran kesenian tari tradisional dari Indonesia dan Thailand. Dari Indonesia telah ditampilkan Tari Topeng Kelana dari Jawa Tengah oleh penari KBRI Bangkok dan Tari Saman dari Aceh oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Diharapkan melalui penterjemahan dan pertukaran budaya ini, persahabatan dan people-to-people contact antara kedua negara dapat terus ditingkatkan.