Pertandingan Persahabatan Diplomatik Sepak Bola Indonesia, Kamboja dan Thailand

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Suasana di KBRI Bangkok pada hari Jumat, 17 Februari 2012 terasa sangat berbeda dan meriah. Rasa keakraban dan sorak penonton membuat seru pada pertandingan persahabatan diplomatik sepakbola antara Indonesia, Kamboja dan Thailand. Pertandingan sepak bola yang pertama kali ini dilaksanakan dengan semangat untuk meningkatkan keakraban antara Kementerian Luar Negeri Thailand, KBRI Bangkok dan Royal Embassy of Cambodia.

Lapangan sepakbola di dalam KBRI Bangkok memang tidak seluas standar lapangan sepak bola professional, namun itu tidak menghalagi kelincahan para diplomat menjadi atlit sepak bola dadakan. Satu tim terdiri dari 9 pemain. Tim Kemlu Thai mengenakan kaos putih sementara Tim Kedutaan (Indonesia dan Kamboja) mengenakan kaos merah. Tendangan pertama pada babak pembukaan dilakukan oleh Dubes Lutfi Rauf kepada Wakil Kepala Perwakilan RI. Para diplomat Kamboja yang satu tim dengan Indonesia juga kelihatan bersemangat menggiring bola. Tampak diantara Tim Thailand adalah Director General of International Organizations, mantan Director General of Treaties dan Deputy Director General of East Asia Affairs.

Para staf perempuan Kemlu Thailand, KBRI Bangkok dan Dharma Wanita Persatuan larut memberikan semangat kepada masing-masing tim selama dua babak pertandingan. Mengingat stamina dan usia para pemain, setiap babak hanya berlangsung sekitar 30 menit. Bahkan pergantian pemain terpaksa terus menerus dilakukan. Skor pada akhir pertandingan dimenangkan oleh Tim Kemlu Thailand dengan 10 – 3. Kalah menang memang bukan tujuan, karena memang pertandingan sore tersebut di KBRI Bangkok semata-mata hanya untuk membangun persahabatan. (sp)