Peringatan Maulid Nabi Bersama Masyarakat Muslim Indonesia di Thailand

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak sedikit yang meneteskan air mata saat K.H. Athian Ali Mohammad Dai menyampaikan ceramahnya tentang Keteladanan Kepemimpinan Nabi Muhammad dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ceramah Beliau tentang akhlak mulia Nabi Muhammad sangat relevan dalam konteks kehidupan modern sekarang, khususnya bagi masyarakat Muslim Indonesia dan masyarakat Thailand yang memiliki pertalian keturunan Indonesia. Pada ceramahnya di KBRI Bangkok, Pak Kyai mampu menggetarkan emosi sekitar seratus orang hadirin, termasuk Duta Besar Lutfi Rauf.

Acara peringatan Maulid diselenggarakan atas kerja sama KBRI Bangkok, Majelis Taklim KBRI Bangkok, Masyarakat Muslim Indonesia di Thailand, serta masyarakat Muslim Thailand yang menjadi pengurus Masjid Indonesia. Selama berada di Bangkok pada tanggal 3 – 5 Februari 2012, K.H. Athian Ali Mohammad Dai memberikan ceramah selama tiga hari berturut-turut kepada berbagai unsur masyarakat Muslim Indonesia dan masyarakat Muslim Thailand.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi dilaksanakan di KBRI Bangkok serta di Masjid Indonesia. Masjid ini terletak sekitar 5 km dari KBRI Bangkok. Saat ini pengelola Masjid Indonesia adalah masyarakat Thailand keturunan Indonesia. Salah satu tujuan pelaksanaan peringatan Maulid secara bekerrja sama adalah untuk memperat hubungan dan kerja sama KBRI Bangkok dengan masyarakat Thailand keturunan Indonesia.

K.H. Athian Ali Mohammad Dai sehari-hari adalah dosen Agama Islam pada Universitas Padjadjaran. Beliau adalah alumi dari Universitas Al-Azhar, Mesir.(sp)