Malam Promosi Bandung di Bangkok

​​Pada tanggal 26 November 2015, KBRI Bangkok dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan Bandung Arts and Cultural Night bertempat di Lotus Garden, Grand Centara Bangkok. Acara dibuka dengan pidato dari Duta Besar Lutfi Rauf dan Walikota Bandung Ridwan Kamil di hadapan lebih dari 300 tamu undangan friends of Indonesia dari seluruh pemangku kepentingan di Thailand.

Pada sambutannya, Duta Besar RI Bangkok memaparkan sejarah kedekatan Indonesia-Thailand, di mana Raja Rama V dalam catatan sejarah tiga kali melakukan kunjungan resmi ke Jawa pada tahun 1870, 1896 and 1901. Dalam lawatan keduanya pada tahun 1896, Raja Rama V mengunjungi Bandung dan kota-kota sekitarnya di Jawa Barat di mana beliau sangat terkesan dengan keindahan alamnya, masakan dan keunikan seni budaya Jawa Barat. 

Sementara itu, Wali Kota Bandung dalam pidatonya menyampaikan bagaimana indahnya Bandung sebagai kota yang ramah dan murah senyum dan turis akan nyaman berkunjung ke Bandung. “Bila Anda cinta Raja Rama V, maka kunjungilah Bandung mengikuti beliau” demikian ajakan Wali Kota Bandung kepada seluruh hadirin yang mayoritas adalah warga negara Thailand. 

Acara didukung oleh tim kesenian Universitas Pasundan (Unpas) yang secara khusus didatangkan dari Bandung  atas dukungan Pemerintah Kota Bandung. Pagelaran kesenian terdiri dari Tari Jaipong, Rampak Kendang, Kecapi Sulit dan Angklung yang kesemuanya ditampilkan secara apik. Penyelenggaraan malam promosi ini juga dihadiri oleh sejumlah media nasional Thailand berperan positif dalam mempromosikan Bandung sebagai destinasi wisata, pendidikan, belanja dan inovasi kreatif.