Kuatnya Kedekatan Muslim Thailand - Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H yang mengambil tema “teladan kepemimpinan Rasulullah SAW”, KBRI telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan pada tanggal 3 hingga 5 Pebruari 2012 dengan mengundang Ustadz K.H. Athian Ali Mohammad Dai dari Bandung, Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama antara KBRI, Majelis Taklim KBRI, Perkumpulan Masyarakat Muslim Indonesia di Thailand dan Komunitas Muslim Masjid Indonesia di Bangkok. Disamping pelaksanaan di lingkungan KBRI, kegiatan pengajian juga dilakukan di Masjid Indonesia di Bangkok pada tanggal 5 Pebruari 2012 yang dihadiri Duta Besar Lutfi Rauf berserta jemaah dari masyarakat Indonesia dan Thailand yang sebagian besar adalah masyarakat keturunan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, pemuka Komunitas Muslim Masjid Indonesia menjelaskan tentang sejarah keberadaan masjid Indonesia di Bangkok. Disampaikan bahwa terdapat 2 masjid besar di Bangkok yang dibangung oleh orang Indonesia yakni Masjid Jawa (150 tahun) dan Masjid Indonesia (70 tahun). Penamaan Masjid Indonesia diberikan oleh Alm. Presiden Sukarno pada 70 tahun lalu. Pembangunan Masjid-masjid tersebut adalah hasil infaq dan sedekah dari warga keturunan Indonesia yang hidup di masa itu. Pemuka Komunitas Masjid Indonesia mengajak kaum muslim muslimat untuk memakmurkan masjid-masjid tersebut diantaranya menghidupkan kegiatan-kegiatan agama dan sosial. Pemuka Komunitas Masjid Indonesia mengajak doa bersama untuk mendoakan keselamatan dan keberhasilan tugas baru Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan sambutan yang baik. Duta Besar RI terkesan oleh peran orang Indonesia dalam syiar Islam di bumi Thailand sehingga keberadaan Masjid Indonesia dan Masjid Jawa masih ada sampai saat ini. Duta Besar menggarisbawahi pentingnya penguatan ukhuwah Islamiyah terhadap sesama muslim dan perlunya memakmurkan masjid-masjid tersebut yang juga dapat dijadikan sarana untuk mendekatkan diri antara rakyat Thailand dan Indonesia.

K.H. Athian Ali Mohammad Dai dalam ceramah Maulid menyampaikan tentang keteladanan Rasululllah SAW sebagai pemimpin umat. Dalam ceramah tersebut juga digambarkan tentang akhlak Rasulullah dan bagaimana menjadi muslim yang baik sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan Hadist.