Paspor RI Berbasis Biometric dan Penggunaan Mata Uang Baht Untuk Pelayanan Imigrasi dan Konsuler di KBRI Bangkok

1/7/2013

 
Sejak tanggal 2 Januari 2013, KBRI Bangkok telah melayani Warga Negara Indonesia yang ingin memiliki Paspor RI berbasis Biometric. Bersamaan dengan peluncuran Paspor RI berbasis Biometric atau yang juga disebut dengan e-Passport, KBRI Bangkok juga memberlakukan penggunaan mata uang Baht Thailand sebagai sarana pembayaran biaya keimigrasian dan kekonsuleran di KBRI. Terobosan yang dilakukan oleh KBRI Bangkok tersebut adalah wujud dari keinginan untuk terus memberikan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah dan nyaman.
Paspor RI berbasis Biometric (e-Passport) telah memenuhi standar dari International Civil Aviation Organization. Saat ini Paspor RI berbasis Biometric telah dapat dikeluarkan oleh KBRI di Bangkok, KBRI di Singapura dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei. Pembuatan Paspor RI Biometric di KBRI Bangkok mengacu pada P.P. No. 38 tahun 2009 tentang Jenis dan Tarif atas PNBP yang berlaku pada Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Informasi tentang Paspor RI berbasis Biometric dan tarif keimigrasian dan kekonsuleran dalam mata uang Baht dapat diperoleh di tel. +66 (0)2 252 3135 Ext 117 dan 184.
Bangkok, 7 Januari 2013