Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Tahun 2014     |       SITUASI BANGKOK SETELAH PENGUMUMAN KUDETA MILITER, 22 MEI 2014     |       FORM LAPOR DIRI WNI DI THAILAND     |       Selamat datang di situs KBRI Bangkok     |       

Berita Perwakilan

Atraksi JAT TNI AU Pukau Publik Thailand

Jumat, 29 Juni 2012

Tim JAT bersama dengan Dubes RI Lutfi Rauf
Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU unjuk kebolehan dan telah memukau publik Bangkok dalam atraksinya pada acara Air Show di Appron Terminal Cargo, Don Muang International Airport, Thailand, pada tanggal 29-30 Juni 2012. Tampilnya JAT TNI-AU dimaksud atas undangan Royal Thai Air Force (RTAF) Thailand dalam rangka perayaan 100 Tahun RTAF yang puncak peringatannya akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2012 dan akan dihadiri oleh PM Yingluck Sinawatra, berikut pejabat tinggi negara lainnya baik sipil maupun militer.

Dalam acara peringatan satu abad penerbangan RTAF sebagaimana tersebut di atas, RTAF mengadakan kegiatan dengan mengundang angkatan udara dari sejumlah negara sahabat dalam exhibition, Static Show, Air Show, Aerobatic Show RTAF, RSAF dan TNI AU, serta music band yang dimainkan oleh tim RTAF dan TNI AU. Negara yang terlibat dalam acara ini adalah Thailand, Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Keikutsertaan JAT dalam HUT bersejarah penerbangan RTAF Thailand ini merupakan implementasi dan bukti hubungan bilateral yang sangat baik antara TNI AU – RTAF. Kedua belah pihak merupakan negara pertama di ASEAN yang telah melakukan Latihan Bilateral dengan nama Elang Thainesia, yang dimulai 30 tahun yang lalu, dan pada periode waktu selanjutnya diikuti oleh negara-negara ASEAN lainnya.

Setelah pelaksanaan Air Show, telah dilangsungkan pula upacara penyerahan flying suit oleh Komandan JAT TNI AU kepada Commander-in-Chief RTAF ACM Itthaporn Subhawong dan Duta Besar Lutfi Rauf, yang didampingi Atase Udara RI Kol Pnb A.Joko Takarianto.

Duta Besar Lutfi Rauf menyampaikan harapannya bahwa hadirnya JAT dalam peringatan ini menjadi awal tonggak sejarah untuk semakin mempererat hubungan bilateral kedua angkatan udara TNIAU-RTAF.

“Kehadiran JAT merupakan perwujudan dari hubungan yang baik antar kedua negara, terutama antara kedua Angkatan Udara. Disamping itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi JAT untuk menunjukkan keterampilan dan profesionalitas para penerbang TNI AU dalam aerobatic team ini” demikian Duta Besar Lutfi menyampaikan.

Sementara itu Commander-in-Chief RTAF menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya dan rasa terima kasih untuk JAT yang telah turut berpartisipasi dalam peringatan 100 tahun penerbangan RTAF Thailand, peringatan yang sangat bersejarah ini sembari mengucapkan salam "EVERLASTING FRIENDSHIP TNI AU-RTAF"

Terdapat hal yang perlu dicatat dalam event ini, bahwa JAT adalah aerobatic team pertama yang hadir dalam perayaan ini. Selain itu, bagi JAT sendiri, event ini merupakan pengalaman pertama tampil di luar negeri. Pada kegiatan ini, tak ketinggalan pula RSAF F16 turut serta dalam solo aerobatic, seluruh pesawat RTAF dengan Aerobatic Team-nya Blue Phoenix, RTN, RSAF, RTA, serta Royal Thai Police yang ikut meramaikan acara.

JAT tiba di Thailand pada tanggal 26 Juni 2012 didahului oleh pesawat tim aju C130 dari Skuadron Udara 32, disusul 7 pesawat KT1 dan diakhiri oleh pesawat C130 sebagai pendukung. JAT dan rombongan terbang melalui Medan, Hatyai, Prachuab, Bangkok dimana pada setiap pemberhentian mengisi bahan bakar. Rombongan JAT dipimpin oleh Kol Pnb Lubis, Komandan Wing Pendidikan Terbang dengan diikuti 12 penerbang lainnya.



KBRI Bangkok


Wonderful Indonesia

Visa


Konsuler


KBRI Bangkok Youtube Channel


Komunitas Indonesia di Thailand

running1Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2011Vote KomodoDiasporarunning8
running9running10
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan