Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

2015 INDONESIAN ARTS AND CULTURE SCHOLARSHIP (Special Programme: ASEAN Community 2015)     |       2015 INDONESIAN ARTS AND CULTURE SCHOLARSHIP (Regular Programme)     |       Twitter KBRI Bangkok     |       FORM LAPOR DIRI WNI DI THAILAND     |       Selamat datang di situs KBRI Bangkok     |       

Berita Perwakilan

Kunjungan ke Masjid Jawa dan Bersilaturahmi dengan Masyarakat Thailand Keturunan Indonesia di Bangkok

Senin, 05 Maret 2012

Dubes Lutfi Rauf bersama tokoh masyarakat keturunan Jawa di Masjid Indonesia
Masjid Jawa yang berada di Bangkok menyimpan sejarah panjang hubungan masyarakat Indonesia dengan Thailand. Masjid yang berdiri sekitar 150 tahun berada di wilayah komunitas orang-orang Bangkok keturunan Indonesia. Sejarah panjang tersebut mengundang kekaguman Duta Besar Lutfi Rauf ketika melakukan kunjungan ke Masjid Jawa serta melakukan perkenalan dengan tokoh-tokoh masyarakat Thailand keturunan Jawa.

Pada sore hari Minggu, 4 Maret Duta Besar dan sejumlah staf KBRI dan tokoh masyarakat Indonesia berkesempatan beramah tamah dengan pengurus Masjid Jawa dan tokoh masyarakat setempat. Duta Besar juga menyempatkan diri berziarah ke pemakaman yang terletak di seberang Masjid Jawa, dimana terdapat makam leluhur tokoh-tokoh masyarakat Jawa yang menjadi generasi awal kedatangan mereka di Bangkok.

Jejak awal keberadaan Kampung Jawa dan Masjid Jawa di Bangkok bermula dengan kedatangan orang Jawa pada masa Raja Chulalongkorn sekitar 150 tahun lampau. Mereka pada umumnya dibawa untuk menjadi tukang kebun kerajaan. Gelombang besar berikutnya adalah mereka yang dibawa ke Thailand untuk kepentingan kolonialisme pada Perang Dunia ke-2. Generasi selanjutnya ternyata berkembang dengan tetap mempertahankan identitas leluhur mereka, terutama pada agama, budaya dan makanan. Namun demikian, sayangnya saat ini hanya sedikit dari mereka yang masih dapat berbahasa Indonesia atau bahasa Jawa.

Masjid Jawa yang merupakan pusat kegiatan dan tempat pertemuan berperan penting dalam mempertahankan identitas asal usul kejawaan masyarakat setempat. Arsitektur bangunan masjid tetap mempertahankan gaya bangunan masjid di Jawa, seperti atap, tiang dan beduk. Selain itu budayanya sangat mirip dengan budaya NU di tanah Jawa. (sp)



KBRI Bangkok


Wonderful Indonesia

Visa


Konsuler


KBRI Bangkok Youtube Channel


Komunitas Indonesia di Thailand

running1Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2011Vote KomodoDiasporarunning8
running9running10
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan