The Third Indonesian Product Expo 2010 : Ajang Promosi Terpadu Indonesia di Brunei Darussalam

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bandar Seri Begawan – KBRI Bandar Seri Begawan bekerjasama dengan PT. Prima Cipta Mandiri (Event Organizer Indonesia) dan Media Pro Sdn. Bhd. (Event Organizer Brunei Darussalam) telah menyelenggarakan pameran The Third Indonesian Product Expo 2010 dari tanggal 26 - 30 Juni 2010 di Main Conference, International Convention Centre Berakas, Bandar Seri Begawan.

 

Pameran dibuka oleh Yang Berhormat Pehin Orang Kaya Seri Utama Dato Seri Setia Haji Awang Yahya, Menteri Perindustrian dan Sumber-sumber Utama Negara Brunei Darussalam dan dihadiri oleh pejabat pemerintah dan kalangan pengusaha Brunei Darussalam, kalangan diplomatic corps, masyarakat Brunei Darussalam dan masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam. The Third Indonesian Products Expo 2010 ini diselenggarakan menyusul keberhasilan dua kali expo serupa pada tahun 2008 dan 2009 yang lalu.

 

Sementara itu Duta Besar RI dalam sambutannya menyatakan bahwa Brunei Darussalam telah menjadi teman dekat dan negara tetangga yang baik bagi Indonesia. Kedua negara telah memiliki kemitraan yang kuat di berbagai aspek dan dimensi yang diharapkan akan semakin kuat dan berkembang. Beliau juga menyatakan bahwa expo tahun ini akan menjadi nilai tambah bagi upaya bersama untuk memperkuat hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Brunei Darussalam, dan membangun pemahaman yang jauh lebih baik serta kepercayaan bisnis yang saling menguntungkan antara pengusaha dari kedua Negara.

 

The Third Indonesian Product Expo 2010 diikuti oleh sekitar 50 pengusaha kecil dan menengah yang berasal dari berbagai institusi antara lain Pusat Dagang Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan RI, PT. Bank Mandiri, PT. Bank Tabungan Negara, PT. Pelabuhan Indonesia II dan III, PT. Angkasa Pura I dan II, PT. Asuransi Kesehatan Indonesia, PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam, PT. Bio Farma, PT. Telkom Tbk.,  PT Perkebunan Nusantara III dan X, PT. Jamsostek, PT. Bank Negara Indonesia ’46, PT. Jasa Raharja, PT. Pertamina, Pemerintah Kota Singkawang, Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Gracia Gallery, Elvira Collection dan Danara ”House of Batik”. Expo ini mendapatkan sambutan yang cukup baik dari masyarakat Brunei Darussalam.

 

Produk Indonesia banyak diminati pengunjung antara lain produk tekstil (batik dan songket), produk garment, accesories, furniture, makanan dan minuman kemasan, produk karet dan kulit, serta kerajinan tangan. Beberapa transaksi bisnis antara pengusaha Indonesia dan Brunei Darussalam yang terjalin dalam pameran tersebut antara lain dalam kerjasama pemasaran produk furniture, produk tekstil dan garment.

 

Sebagai side event pameran, KBRI Bandar Seri Begawan menyelenggarakan business forum yang dihadiri sekitar 80 orang pejabat pemerintahan Brunei Darussalam dan para pengusaha. Business Forum ini menghadirkan paparan dari Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang.

 

Berdasarkan survei yang dilakukan KBRI Bandar Seri Begawan pada akhir tahun 2008, diketahui bahwa saat ini terdapat kurang lebih 1000 jenis produk Indonesia yang beredar dan dipasarkan di Brunei Darussalam, dibandingkan dengan hasil survei yang sama yang dilakukan pada tahun 2003 yang mencatat 600 jenis produk Indonesia yang dipasarkan di Brunei Darussalam. Jenis produk tersebut bervariasi dari produk makanan kering/siap saji, minuman, obat dan jamu tradisional, kosmetik, tekstil dan produk tekstil, furniture dan peralatan rumah tangga, peralatan listrik dan elektronika, bahan bangunan, produk pertanian, peralatan olah raga, komputer dan software, cassette/VCD, alumunium sulphatus, peralatan migas, serta kendaraan bermotor dan suku cadangnya.

 

KBRI Bandar Seri Begawan mengharapkan pameran tersebut merupakan sarana yang efektif  sebagai wahana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan Indonesia dan sekaligus sebagai upaya penetrasi pasar Brunei Darussalam, guna meningkatkan ekspor Indonesia ke Brunei Darussalam.  Diharapkan pula Indonesian Product Expo akan menjadi kegiatan tahunan dan dapat diselenggarakan kembali pada tahun-tahun mendatang.