Penyerahan konsep MoU dibidang kerjasama Pertanian oleh Menteri Pertanian RI kepada Menteri Industri dan Sumber-sumber Utama Brunei Darussalam

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertemuan 31st ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry (AMAF) dan 9th AMAF+3 telah dilaksanakan tanggal 10 s/d 11 Nopember 2009 di Grand Hall Ballroom Empire Hotel Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam yang dihadiri para Menteri negara anggota ASEAN dan tiga negara mitra ASEAN yaitu Cina, Jepang dan Korea Selatan.

Pada tanggal 10 Nopember 2009, disela-sela pertemuan dimaksud Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. Suswono MMA beserta delegasi RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perindustrian dan Sumber-sumber Utama Brunei Darussalam Pehin Orang Kaya Seri Utama Dato Seri Setia Haji Awang Yahya bin Begawan Mudim Dato Paduka Haji Bakar beserta delegasi.

Dalam pertemuan bilateral tersebut dibahas antara lain beberapa kerjasama prioritas yakni usulan Brunei Darussalam tentang program pengendalian hama terpadu dan pengembangan lahan gambut, Indonesia mengundang investor Brunei Darussalam untuk usaha patungan dalam pengembangan peternakan (kambing, domba dan ayam) untuk tujuan ekspor ke Timur Tengah. Di bidang kerjasama lain yang dibicarakan adalah pengembangan varietas padi yang banyak diminati konsumen Brunei Darussalam disamping kemungkinan pasokan sayur dan buah dari Indonesia

 

Disepakati pula kerjasama bilateral kedua negara perlu diperkuat dengan suatu Memorandum of Understanding (MoU). Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian Republik Indonesia menyerahkan konsep MoU kepada Menteri Perindustrian dan Sumber-sumber Utama Brunei Darussalam untuk dipelajari lebih lanjut.

 

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan bilateral tersebut diharapkan MoU tersebut dapat ditandatangani pada kesempatan kunjungan balasan Menteri Perindustrian dan Sumber-sumber Utama Brunei Darussalam ke Indonesia dalam waktu dekat.