Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Dubes Handriyo Kusumo Priyo Sebagai Dubes Indonesia Untuk Brunei Darussalam

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 3 Maret 2010 jam 14.00 siang waktu setempat, bertempat di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Duta Besar Handriyo Kusumo Priyo telah menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Duta Besar Republik Indonesia yang baru untuk Negara Brunei Darussalam kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.
Setelah menyerahkan surat-surat kepercayaan, Dubes RI didampingi Minister-Counsellor Policy Planning, Counsellor Sosial Budaya dan Sekretaris Pertama Politik melakukan audiensi kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Pada kesempatan itu, Dubes RI menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas sambutan dan penerimaan yang sangat baik yang diberikan oleh Pemerintah Brunei Darussalam, serta menyampaikan salam hangat dari Presiden RI kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Dubes RI menyampaikan pula penghargaan Pemerintah RI atas kehadiran Sultan Brunei Darussalam pada dua kali Bali Democracy Forum (BDF) tahun 2008 dan 2009.
Dubes RI juga menyampaikan penghargaan Pemerintah RI atas kesempatan yang diberikan oleh Sultan dan Pemerintah Brunei Darussalam kepada warga negara Indonesia untuk dapat bekerja di Brunei Darussalam. Dalam catatan KBRI Bandar Seri Begawan, + 40.000 WNI yang bekerja di Brunei Darussalam, yang mana hal ini juga berarti mereka telah turut berpartisipasi dalam upaya pembangunan nasional Brunei Darussalam.
Sultan menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang sangat baik dari Presiden dan Pemerintah RI saat beliau melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada bulan April 2008, menghadiri pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) Pertama bulan Desember 2008 dan BDF Kedua bulan Desember 2009, serta menghadiri dua kali acara pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yakni pada bulan Oktober 2004 dan Oktober 2009.
Dubes RI menyampaikan pula akan berupaya meningkatkan hubungan kerjasama bilateral selama masa penugasan. Direncanakan pula untuk bertemu dengan para menteri Brunei Darussalam terkait guna membicarakan hal-hal yang dapat lebih memperkokoh lagi hubungan bilateral kedua negara.

Sultan menyampaikan juga bahwa saat ini hubungan bilateral kedua negara berjalan begitu baik dan terjalin kokoh. Diharapkan hubungan kerjasama bilateral yang telah terjalin baik tersebut dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.
Sultan menyampaikan pula penghargaan atas keberadaan sekitar lebih dari 40,000 pekerja Indonesia di Brunei Darussalam dan menyampaikan bahwa para pekerja Indonesia tersebut ikut menunjang pembangunan ekonomi Brunei Darussalam.
Pada hari yang sama, terdapat tiga (3) Duta Besar asing lainnya yang menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah setelah Dubes RI, yakni Dubes Russia (resident ambassador), Dubes Bosnia-Herzegovina dan Dubes Finlandia (keduanya non-resident ambassadors, berkedudukan di Kuala Lumpur). Sebelumnya, Sultan juga melantik dua Duta Besar Brunei Darussalam yang baru, yakni Mayor Jenderal (Purn.) Pehin Datu Lailaraja Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof (mantan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam / ABDB), sebagai Dubes Brunei Darussalam untuk Malaysia, dan Dato Paduka Awang Serbini bin Haji Ali (mantan Permanent Secretary Kementerian Dalam Negeri) sebagai Dubes Brunei Darussalam untuk Uni Eropa dan Belgia.