Kunjungan Studi PPRA XLIII LEMHANNAS

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 11 – 15 Oktober 2009, rombongan peserta Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) XLIII Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) yang dipimpin oleh Mayor Jenderal TNI Suroyo Gino, Tenaga Ahli Bidang Kewaspadaan Nasional LEMHANNAS, telah melakukan kunjungan ke Brunei Darussalam pada tanggal 11 – 15 Oktober 2009.
 
Rombongan terdiri dari 25 orang, dengan rincian tiga (3) Tenaga Ahli LEMHANNAS, seorang pejabat dan seorang staf Direktorat Operasional Pengajaran LEMHANNAS, sembilan belas (19) peserta PPRA XLIII (9 perwira TNI, 7 perwira POLRI dan 3 pejabat sipil), serta seorang staf pendamping dari Biro Administrasi Departemen dan Perwakilan Departemen Luar Negeri RI.
 
Sebelum mendapat briefing dari berbagai Kementerian dan instansi Pemerintah Brunei Darussalam, pada tanggal 12 Oktober 2009 pagi, rombongan mendapat briefing dari Duta Besar RI Bandar Seri Begawan mengenai kondisi ideologis, politik, ekonomi, sosial-budaya dan pertahanan-keamanan di Brunei Darussalam serta perkembangan hubungan kerjasama bilateral RI – Brunei Darussalam.
 
Tujuan kunjungan untuk melihat langsung dan mempelajari perkembangan pembangunan ekonomi nasional Brunei Darussalam, termasuk di bidang energi, khususnya pembangunan dalam rangka memperkuat ketahanan energinya guna mendukung ketahanan nasionalnya.
 
Adapun kementerian dan instansi Pemerintah Brunei Darussalam yang menerima rombongan antara lain Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, Brunei Economic Development Board (BEDB), Polisi Diraja Brunei Darussalam (PDB), Jabatan Energi pada Kantor Perdana Menteri, Legislative Council (Parlemen) Brunei Darussalam dan Brunei National Petroleum Sdn. Bhd./ PetroleumBRUNEI  di Bandar Seri Begawan, serta Brunei Shell Petroleum Sdn. Bhd. (BSP) di Seria (sekitar 100 kilometer dari Bandar Seri Begawan).
 
Pada kesempatan terpisah, pimpinan rombongan diterima oleh Ketua Legislative Council, Menteri Energi, Deputi Menteri Dalam Negeri, Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam, Acting Kepala Polisi Diraja Brunei Darussalam, Chief Executive Officer (Direktur Utama) BEBD, Deputy Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, serta Assistant Vice-Chancellor Universitas Brunei Darussalam.
 
Kunjungan rombongan peserta PPRA XLIII LEMHANNAS ke Brunei Darussalam merupakan yang kedua kali dalam dua tahun berturut-turut, setelah berlangsungnya kunjungan rombongan PPRA XLII LEMHANNAS tahun lalu pada tanggal 12-17 Oktober 2008 yang dipimpin oleh Mayor Jenderal TNI Wilono Djatiwiyono.
 
Kunjungan rombongan PPRA LEMHANNAS tahun ini terlaksana dengan baik, lancar, tertib dan menurut ketua rombongan LEMHANNAS, memenuhi harapan lembaganya.