KUNJUNGAN KERJA DUTA BESAR RI KE DAERAH TUTONG, BRUNEI DARUSSALAM

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 8 – 9 Mei 2010, Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Bapak Handriyo Kusumo Priyo, melakukan kunjungan kerja ke Daerah Tutong, Brunei Darussalam. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan perkenalan dari Dubes RI kepada kepala daerah Tutong dan jajarannya setelah tiba di Brunei Darussalam tanggal 21 Februari 2010 dan menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah, pada tanggal 3 Maret 2010.

 

Pada pertemuan tersebut, Pemangku (Acting) Pegawai Daerah Tutong, Haji Muhammad Suffian bin Haji Bungsu, Pengerusi Lembaga Bandaran (Walikota) Tutong, Haji Daud bin Haji Duraman, serta para pejabat Pemerintah Daerah dan Bandaran Tutong menerima Dubes RI, yang didampingi sejumlah pejabat KBRI Bandar Seri Begawan.

 

Pegawai Daerah atau District Officer merupakan sebutan bagi kepala daerah di Brunei Darussalam. Sedangkan Pengerusi Lembaga Bandaran merupakan sebutan bagi walikota di Brunei Darussalam. Secara administratif, Pemerintah Brunei Darussalam c.q. Kementerian Dalam Negeri membawahi empat (4) daerah atau districts, yakni Brunei-Muara, Belait, Tutong dan Temburong, tiap daerah atau district terdiri mukim-mukim dan tiap mukim terdiri dari kampong-kampong. Selain itu terdapat tiga (3) bandaran atau kota, yakni Bandar Seri Begawan, Tutong dan Kuala Belait-Seria.

 

Dalam sambutannya, Pemangku Pegawai Daerah Tutong menyampaikan selamat atas pengangkatan sebagai Dubes RI yang baru untuk Brunei Darussalam dan selamat bertugas serta mengharapkan hubungan kerjasama Indonesia – Brunei Darussalam dapat terus ditingkatkan. Pemangku Pegawai Daerah menyampaikan pula bahwa warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Daerah Tutong dinilainya sebagai warga yang ”peace-loving” dan ”law-abiding”.

 

Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa hubungan kerjasama bilateral Indonesia-Brunei Darussalam telah terjalin baik dan kokoh serta diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang. Selain untuk memperkenalkan diri sebagai Dubes RI yang baru untuk Brunei Darussalam, kunjungan dimaksudkan untuk menjajagi peluang-peluang yang dapat dikerjasamakan antara Tutong dan daerah-daerah di Indonesia.

 

Pertemuan diawali dengan presentasi mengenai Tutong dan potensinya oleh Penolong (Assistant) Pegawai Daerah Tutong, Haji Abd. Ghani bin Hj. Othman, yang dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Kota Tutong oleh Pengerusi Lembaga Bandaran (Walikota) Tutong, pemaparan situasi kamtibmas oleh Superintendent Polisi Haji Mohd. Shari Haji Ahmad, Wakil Kepala Polisi Daerah Tutong, dan pejabat-pejabat Jabatan Imigrasi Daerah Tutong. Pembahasan yang berlangsung kemudian membahas isu-isu ketenagakerjaan, potensi usaha kecil dan menengah yang memproduksi kerajinan tangan di Tutong, rencana strategis pengembangan kota Tutong, pengembangan lahan pertanian padi di kawasan tertentu di daerah Tutong, serta penanganan keamanan wilayah di daerah Tutong.

 

Dalam rangka kunjungan kerja Dubes RI tersebut, tim Citizen Services KBRI Bandar Seri Begawan memberikan pelayanan kekonsuleran kepada masyarakat Indonesia yang berdomisili dan bekerja di Daerah Tutong dan sekitarnya, pada tanggal 8 Mei 2010 jam 14.00 s/d 18.00, dan tanggal 9 Mei 2010, jam 09.00 s/d 14.00.

 

Pada tanggal 8 Mei 2010 malam, Dubes RI dan staf melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Tutong, dan mengadakan diskusi mengenai berbagai hal, termasuk hal-hal ketenagakerjaan.