KUNJUNGAN GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR DI BRUNEI DARUSSALAM, 6 – 9 DESEMBER 2009

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Gubernur Kalimantan Timur juga melakukan  pertemuan dengan Menteri-menteri Perekonomian, Sosial, Budaya dan Pariwisata Brunei Darussalam pada tanggal 7 dan 8 Desember 2009

 

Pada tanggal 6 – 9 Desember 2009, Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, melakukan kunjungan ke Brunei Darussalam, untuk menghadiri acara penutupan pekan olahraga se-Borneo, “Sukan Borneo” ke-3 pada tanggal 6 Desember 2009, sekaligus melakukan  pertemuan dengan Menteri-menteri Perekonomian, Sosial, Budaya dan Pariwisata Brunei Darussalam pada tanggal 7 dan 8 Desember 2009.

                                                                                                                                   

Pekan Olahraga wilayah-wilayah se-Borneo atau “Sukan Borneo” ke-3 berlangsung pada tanggal 29 Nopember – 6 Desember 2009. Event tersebut diikuti kontingen-kontingen dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah (Indonesia), Labuan, Sabah dan Sarawak (Malaysia) dan Brunei Darussalam, serta satu negara bagian Malaysia yang terletak di Semenanjung Malaya, yakni Malaka. Kehadiran kontingen Malaka khusus atas undangan Pemerintah Brunei Darussalam.

 

Sukan Borneo” ke-3 mempertandingkan sembilan cabang olahraga, yaitu bulutangkis, gasing, tenis, sepak takraw, bola lapangan (lawn ball), bola sodok (billiard), atletik, pencak silat dan hoki lapangan. Kontingen Kalimantan Timur mengikuti lima (5) cabang olahraga, yakni bulutangkis, atletik, pencak silat, sepak takraw dan tenis, serta Kontingen Kalimantan Tengah berpartisipasi pada cabang olahraga tenis saja. Capaian kontingen Kalimantan Timur cukup baik, menempati urutan ke-4 dari perolehan jumlah medali secara keseluruhan, yakni 146 medali setelah Sabah di urutan teratas dengan perolehan 248 medali, Sarawak dengan 243 medali, dan Brunei Darussalam dengan 194 medali. Meski demikian, dari perolehan medali emas, Kalimantan Timur menempati urutan ke-3 dengan 14 medali setelah Sarawak dengan 20 medali emas dan Sabah dengan 18 medali emas. Adapun kontingen Kalimantan Tengah memperoleh 10 medali dan berada di urutan ke-7.

                                    

Penyelenggaraan ”Sukan Borneo” setiap dua tahun sekali dan ”Sukan Borneo” pertama berlangsung di Sabah pada tahun 2005 serta ”Sukan Borneo” ke-2 di Sarawak pada tahun 2007. Adapun ”Sukan Borneo” ke-4 akan berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur, pada tahun 2011. Pada acara penutupan ”Sukan Borneo ke-3 di Stadium Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Gubernur Awang Faroek Ishak atas nama Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur menerima secara simbolis penyelenggaraan tuan rumah ”Sukan Borneo” dari Brunei Darussalam.

 

Selain menghadiri acara penutupan ”Sukan Borneo” ke-3, pada tanggal 7 Desember 2009 Gubernur Awang Faroek Ishak juga melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan, Belia dan Sukan ad interim Brunei Darussalam, Pehin Orang Kaya Seri Dewa Mayor Jenderal (Purn.) Dato Seri Pahlawan Hj Awang Mohammad bin Hj Daud. Pada tanggal yang sama Gubernur melakukan pula pertemuan dengan Menteri Keuangan II Brunei Darussalam, Pehin Orang Kaya Laila Setia Dato Paduka Hj Awang Abdul Rahman bin Hj Ibrahim. Pada tanggal 8 Desember 2009, Gubernur melakukan pertemuan dengan Menteri Perindustrian dan Sumber-sumber Utama Brunei Darussalam, Pehin Orang Kaya Seri Utama Dato Seri Paduka Hj Awang Yahya bin Begawan Mudim Dato Paduka Hj Bakar. Gubernur juga melakukan pertemuan dengan Ketua Kadin Nasional Brunei Darussalam, Hj Mohammad Razali bin Hj Johari, dan jajarannya. Maksud pertemuan-pertemuan tersebut untuk menjelaskan mengenai potensi perekonomian dan sumber daya alam Kalimantan Timur serta menjajagi kemungkinan kerjasama ekonomi, perdagangan, investasi, pertambangan, pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata antara Kalimantan Timur dan Brunei Darussalam. Gubernur Kalimantan Timur juga menyatakan ketertarikan propinsinya untuk berpartisipasi pada ajang promosi wisata (travel mart) yang akan berlangsung dalam rangka ASEAN Tourism Forum di Brunei Darussalam pada minggu ketiga bulan Januari 2010.

 

Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan jamuan makan malam di Hotel Rizqun International pada tanggal 8 Desember 2009 dengan mengundang para pejabat Pemerintah dan pengusaha Brunei Darussalam serta tokoh-tokoh masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam. Penyanyi pop Indonesia yang biasa manyanyikan lagu-lagu Melayu, Iyet Bustami, ikut memeriahkan suasana. Tamu kehormatan pada acara tersebut adalah Sekjen Kementerian Kebudayaan, Belia dan Sukan Brunei Darussalam, Dato Paduka Hj Jemat bin Hj Ampal. Gubernur Kalimantan Timur meninggalkan Brunei Darussalam pada tanggal 9 Desember 2009.

 

                                                                                                                               (Sumber: KBRI Bandar Seri Begawan)