Pelayanan Kekonsuleran dan Ketenagakerjaan KBRI Bandar Seri Begawan di Temburong

​​Temburong - Untuk mempermudah pengurusan dokumen Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di daerah Temburong, pada tanggal 23 dan 24 Juli 2016 KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan pelayanan kekonsuleran dan ketenagakerjaan di Rumah Persinggahan Pegawai Daerah, Pekan Bangar, Temburong. Pelayanan tersebut meliputi lapor diri, pembaharuan paspor, legalisasi, surat keterangan, konsultasi tenaga kerja, dan lain-lain.

Pelayanan dimulai pada hari Sabtu, 23 Juli 2016 pukul 09.00 hingga 21.00 dan berakhir pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Tidak seperti pelayanan sebelumnya, kali ini KBRI BSB mencoba membuka pelayanan hingga malam mengingat masih banyak WNI di Brunei yang bekerja pada hari Sabtu sehingga kemungkinan mereka tidak dapat hadir pada pagi atau siang hari. 

Ibu Duta Besar Republik Indonesia Nurul Qomar hadir untuk melihat situasi sekaligus bertemu dengan WNI yang datang. Dalam kesempatan itu jurnalis dari media massa Brunei terlihat memanfaatkan moment tersebut untuk mewawancarai Ibu Dubes dan Counsellor bidang Protokol Konsuler Endy Ghafur Fadyl berkaitan dengan pelayanan WNI di Brunei. 

Temburong.JPG

Pada  Sabtu malam harinya pelayanan lebih ramai, sesuai dengan prediksi KBRI BSB. Terlihat mereka yang datang lebih banyak untuk memperbaharui paspor mereka serta lapor diri. Ada beberapa yang bahkan telah bekerja lebih dari 3 tahun tapi ternyata belum pernah melaporkan keberadaannya di Brunei ke KBRI BSB. KBRI BSB juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya lapor diri bagi WNI yang berada di luar negeri. 

Pada hari Minggu, 24 Juli 2016, pelayanan dibuka mulai pukul 08.30 hingga 14.00. Di hari kedua tersebut beberapa WNI yang datang untuk berkonsultasi mengenai kontrak kerja mereka. Pada dasarnya, KBRI BSB selalu berupaya memberikan pemahaman agar WNI yang bekerja di Brunei bisa tetap mendapatkan hak mereka sesuai dengan kontrak dan ketentuan yang berlaku. 

Kedepannya, KBRI BSB akan terus melakukan pelayanan kekonsuleran dan ketenagakerjaan di daerah lain di luar Brunei untuk mempermudah WNI yang berada jauh dari ibukota Bandar Seri Begawan, baik guna dalam pengurusan dokumen maupun konsultasi ketenagakerjaan. KBRI BSB berkomitmen dapat terus melayani WNI yang berada di seluruh Brunei dengan baik dan tepat sasaran.