KBRI Bersama Anak-Anak Indonesia Rayakan Hari Anak Nasional 2016 di Brunei Darussalam

Bandar Seri Begawan - Sabtu Malam, tanggal 23 Juli 2016, bertepatan dengan Hari Anak Nasional Indonesia 2016, delapan orang anak-anak Indonesia tampil membanggakan di panggung ASEAN Mini Concert, di alun-alun Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam. Anak-anak yang masih duduk dibangku taman kanak-kanak dan sekolah dasar ini, dengan percaya diri, membawakan dua tarian tradisional Indonesia, Tari Yapong dan Tari Manuk Dadali dihadapan ratusan penonton.

"Hebat, percaya diri", ujar para pengunjung yang kagum pada kepercayaan diri dan keberanian anak-anak ini tampil menawan. Tidak kurang pujian dari Duta-duta besar asing kepada penari-penari cilik Indonesia ini. Saat itu, memang hanya Indonesia yang menampilkan penari-penari cilik, sementara negara-negara ASEAN lain yang turut serta semuanya menampilkan para penari professional. Namun begitu, justru inilah yang menjadi penyemangat tim Indonesia untuk menampilkan yang terbaik. ​

ASEAN MC2.jpg

​Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Belia dan Sukan Brunei Darussalam, untuk menyambut Hari Keputeraan (Hari Ulang Tahun) Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang ke-70 tahun. Selain Indonesia, negara-negara ASEAN lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, ikut ambil bagian memeriahkan acara.

Setelah penampilan, Duta Besar RI Nurul Qomar berkesempatan memberikan bingkisan dan sertifikat sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah mereka mengisi perayaan Hari Anak Nasional 2016 di Brunei Darussalam. Tidak lupa anak-anak Indonesia di Brunei Darussalam juga menyampaikan salam dan ucapan selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak Indonesia di tanah air dan di seluruh dunia.

KBRI BSB memang sengaja memilih penari-penari cilik yang tampil mewakili Indonesia, sebagai bagian dari perayaan Hari Anak Nasional 2016. Anak-anak ini menunjukkan bahwa meski tinggal jauh dari tanah air, mereka masih cinta Indonesia dan bangga menjadi anak Indonesia. Melalui acara seperti ini dan dengan tampil dihadapan umum, anak-anak Indonesia di Brunei dilatih untuk memiliki keterampilan dan membangun kepercayaan diri anak-anak. Pastinya, kedua hal ini dapat menjadi bekal yang positif bagi mereka sehingga dapat tumbuh menjadi manusia  Indonesia yang utuh dan kelak mampu bersaing dengan bangsa lain.

 

Bandar Seri Begawan, Juli 2016


Fungsi Sosial Budaya
KBRI BSB