Yunani Ikut Dalam International Erau Festival di Tenggarong, Kaltim

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kelompok folklore Yunani dari kota Karditsa, Propinsi Thessaly, Yunani Tengah, yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini akan mewakili Yunani dalam Erau International Folk and Art Festival (EIFAF), 30 Juni-7 Juli 2013 di Tenggarong, Kalimantan Timur, yang akan diikuti oleh 10 negara peserta.


Kelompok Karaguna telah menyiapkan beberapa tarian khas Karaguna dengan karakteristik ayunan kaki tidak terlalu tinggi sesuai dengan dataran rendah tempat suku Karagunis menetap. Sedangkan kostum yang akan dipakai adalah pakaian khas daerah yang melambangkan kasta si pemakai yang beratnya dapat mencapai 15 kg.


Karaguna, yang dalam bahasa Yunani kuno berarti goyangan kepala, akan mengirimkan 27 anggotanya yang terdiri dari 20 penari (10 perempuan dan 10 laki-laki) dan 7 pemusik serta pengurus. Kepergian ke Indonesia ini merupakan yang kedua kalinya setelah partisipasi Karaguna pada Festival Folklore di Solo tahun 2007.


Kepergian Karaguna mengikuti EFAF 2013 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah daerah kota Karditsa dan Pemerintah Propinsi Thessaly. Hal ini disampaikan oleh Walikota Karditsa bersama Wakil Gubernur Propinsi Thessaly kepada Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena.


Kelompok Karaguna merupakan salah satu organisasi kebudayaan terpenting di Propinsi Thessaly terutama kota Karditsa dan salah satu yang tertua di Yunani. Tujuan organisasi ini adalah untuk melestarikan tarian dan musik tradisional dari daerah Karditsa dan sekitarnya serta kostum dan adat istiadatnya. Anggota kelompok Karaguna terdiri dari ratusan orang dari anak-anak berumur 6 tahun sampai dengan para lanjut usia. Kecintaan para anggota terhadap budaya setempat sedemikian besar sehingga mereka aktif melakukan latihan 6 hari selama seminggu.


Partisipasi kelompok ini merupakan gambaran yang sangat baik dan patut didukung sebagai bentuk pertukaran seni budaya RI dan Yunani, serta merupakan pengejewantahan dari Persetujuan Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Yunani yang telah diratifikasi oleh kedua negara masing-masing pada tahun 2008 dan 2005. Dengan partisipasi kelompok ini, diharapkan kelompok seni Indonesia juga dapat mengikuti festival folklore internasional serupa di Yunani di tahun-tahun mendatang. (Sumber : KBRI Athena)