Wonderful Indonesia Awali World of Carnival Volos, Yunani, 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebanyak 35 foto dari berbagai tempat di Indonesia ditampilkan pada pameran foto Indonesia di Pusat Budaya kota Volos, Yunani. Pameran Foto yang bertajuk Wonderful Indonesia tersebut akan berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 10 – 16 Maret 2013.


Foto-foto yang ditampilkan pada pameran ini merupakan hasil karya para peserta Darmasiswa dari Yunani yaitu Danai Karnava (2012-2013), Alexandros Tsagaridis (2008-2009), Panagiota Loukaki, Vassilis Loukakis dan Tassa Paraskevi (2010-2011).


Karya-karya foto tersebut sebagian besar menangkap keindahan pemandangan, bangunan bersejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia dari sudut pandang para turis, seperti barisan stupa di candi Borobudur, para petani yang sedang memanen padi, masyarakat Bali yang sedang melakukan upacara di pura, keindahan sunset di pantai Kuta, Kawah gunung Bromo, upacara Ngaben di Bali dan foto-foto lainnya.


Pameran foto dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Volos bidang budaya Mr. Apostolos Pantsas pada tanggal 10 Maret 2013 malam. Dalam pidato pembukaannya, wakil walikota Volos menyatakan bahwa foto-foto yang ditampilkan dalam pameran ini membuatnya ingin secara langsung melihat Indonesia.


Selain keindahan obyek yang ditampilkan, wakil walikota Volos juga memuji gradasi warna yang ditonjolkan dan pemilihan tema foto, yang menurutnya dapat mengungkapkan apa yang ingin disampaikan oleh para fotografer.


Lebih lanjut Mr. Pantsas menyampaikan di depan para undangan bahwa pameran foto ini merupakan kegiatan awal yang menandai partisipasi Indonesia sebagai guest of honor country pada kegiatan carnaval of World, Volos, Maret 2013.


Carnaval of World merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah kota Volos sebagai upaya untuk melestarikan tradisi carnaval di kota tersebut. Untuk tahun 2013, Walikota Volos secara resmi telah mengundang Indonesia untuk menjadi guest of honor country pada carnaval ini.


KBRI Athena telah mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk mengisi acara carnaval yang biasanya berlangsung selama 2 minggu. Selain pameran foto, KBRI Athena akan mengadakan workshop musik angklung, masakan Indonesia, dan tari tradisional Indonesia pada tanggal 15-16 Maret 2013.


Kegiatan juga akan diisi dengan pelaksanaan Malam Budaya Indonesia pada tanggal 16 Maret 2013 dan sebagai puncaknya adalah keikutsertaan tim Indonesia pada parade tanggal 17 Maret 2013 yang diakhiri dengan open air performance berupa medley tarian Indonesia.


Duta Besar RI untuk Indonesia Benny Bahanadewa menyatakan bahwa pameran foto ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat Volos mengenai Indonesia mengingat keseluruhan foto tersebut dibuat oleh para pemuda-pemudi Yunani sendiri yang telah mengikuti program Darmasiswa.


Melalui kesempatan ini, Duta Besar juga berharap agar masyarakat di kota Volos, khususnya dan Yunani pada umumnya, dapat lebih mengenal Indonesia dan berkeinginan untuk lebih lanjut mempelajari Indonesia. (Sumber : KBRI Athena)