Kegiatan Sosialisasi Keimigrasian dan Kekonsuleran di Yunani

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam upaya memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai masalah keimigrasian dan kekonsuleran kepada WNI yang berada di Yunani, KBRI Athena telah mengadakan sosialisasi pada tanggal 27 Januari 2013. Dubes Benny Bahanadewa dalam kata sambutannya menekankan pentingnya WNI memahami masalah keimigrasian dan kekonsuleran berikut hak dan kewajiban sebagai warga negara RI yang bertempat tinggal di luar negeri serta pendataan pemilih dalam menyongsong Pemilu 2014. Pada kesempatan tersebut, diinformasikan pula pembentukan Diaspora Yunani.

 

Sosialisasi keimigrasian dan kekonsuleran disampaikan oleh Fungsi Konsuler KBRI dengan materi: pokok-pokok keimigrasian dan kekonsuleran serta hak dan kewajiban sebagai WNI berkedudukan di luar negeri; pentingnya WNI/TKI menjaga dokumen perjalanan (paspor) serta ketentuan lapor diri dan pendataan bagi WNI yang akan menggunakan hak pilih pada Pemilu.

 

Kegiatan ini tidak hanya sekedar informasi satu arah, namun dialog interaktif dimana masyarakat Indonesia diharapkan memberikan masukan, saran serta berbagi informasi demi kebaikan bersama. Beberapa isu yang sempat menjadi perhatian WNI adalah: penghapusan profesi dalam paspor; Status anak WNI hasil perkawinan dengan WNA (campuran); pemulangan imigran asing melalui program International Organization for Migrants/IOM; lapor diri serta himbauan bagi WNI yang ingin mengajukan surat merah/asylum.

 

Kegiatan yang diikuti oleh masyarakat Indonesia di Athena dan sekitarnya itu berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat apresiasi dari peserta. Mereka umumnya berharap agar kegiatan dapat diselenggarakan secara rutin/berkala. Dalam kesempatan itu, KBRI juga mengharapkan agar WNI yang hadir kiranya dapat berbagi informasi yang diperoleh kepada WNI lainnya.***