KBRI Athena Fasilitasi Kepulangan Tahap Pertama ABK Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Athena telah memfasilitasi tahap pertama kepulangan 7 orang ABK Indonesia yang bekerja pada kapal pesiar berbendera Portugal M/V Daphne dan terdampar di Souda Port, Crete, Yunani sejak 2 Oktober 2012.

 

Jumlah seluruh ABK Indonesia 27 orang. Kapal tersebut tidak dapat melanjutkan pelayarannya karena ditahan oleh pihak otoritas setempat terkait perusahaan pengelola kapal tersebut menghadapi permasalahan keuangan.

 

Adapun nama-nama 7 orang ABK yang kembali adalah: Syahril Darito; I Wayan Diarta; Mohammad Nur; Sarbini; Misan; Sopari; I Ketut Suartika. KBRI Athena melepas keberangkatan mereka di bandara internasional Elefthérios Venizélos pada tanggal 20 November 2012 menggunakan pesawat Turkish Airlines dan Qatar Airways dan tiba di tanah air tanggal 21 November 2012.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak agen yang ditunjuk pihak perusahaan World Cruise Service bahwa kepulangan seluruh crew kapal Daphne ke negara masing-masing dilakukan secara bertahap. Disamping ABK Indonesia ada juga ABK dari negara lain: Portugal, Filipina, India, Kroasia, Bulgaria, Kuba, dan Ukraina.

 

Sementara ini masih tersisa 20 orang ABK Indonesia lagi yang masih dlaam proses kepulangan.

 

KBRI Athena terus berkoordinasi dengan agen di Yunani dan agen di Jakarta yang mengirimkan seluruh ABK Indonesia sehingga seluruh ABK Indonesia akan kembali ke tanah air dengan selamat.(Sumber : KBRI Athena)