Ketertarikan Masyarakat Kota Kavala terhadap Budaya Indonesia

​​

Untuk meningkatkan promosi dan kerjasama budaya RI di Yunani, Duta Besar RI melakukan pertemuan dengan Walikota Kavala Ms. Dimitra Tsanaka pada 21 Januari 2016 di Kantor Walikota Kavala. Kota Kavala merupakan kota pelabuhan utama dan dagang di utara Yunani, wilayah Propinsi Macedonia.

 

Dalam pertemuan tersebut Walikota Kavala mengundang Indonesia untuk berpartisipasi pada dua festival budaya di Kavala, yaitu festival folklore international cosmopolis dan festival drama/opera Philippon-Thasou yang akan diselenggarakan pada Juli 2016. Dalam catatan pemerintah Kavala, Indonesia belum pernah berpartisipasi pada kedua festival tersebut sehingga akan sangat berguna untuk Indonesia bertukar pengetahuan budaya khususnya dengan masyarakat Kavala. Dubes RI menyambut baik undangan tersebut dan menyampaikan Indonesia direncanakan akan diwakili oleh kelompok drama Tetas pada festival drama/opera Philippon-Thasou. Sementara untuk festival folklore international cosmopolis, Indonesia akan berpartisipasi dengan menampilkan tarian, musik dan kuliner.

 

Festival drama/opera Philippon-Thasou merupakan festival theatrical dan musik yang diselenggarakan sejak 1957 dan telah menjadi festival paling utama di Kavala dan di Yunani. Festival Cosmopolis adalah festival internasional yang menampilkan kebudayaan manca negara melalui penampilan kelompok tari, kelompok musik,  dan kuliner tradisional.

 

Untuk meningkatkan kerjasama pendidikan dan budaya, Dubes RI menjelaskan tawaran Beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa BSBI kepada Walikota Kavala. Diharapkan terdapat pemuda/pelajar dari Kavala yang berminat mengikuti program beasiswa pemerintah Indonesia tersebut. Walikota Kavala menyambut baik tawaran kedua program beasiswa tersebut dan berjanji untuk menindaklanjuti dan menyampaikan tawaran tersebut kepada instansi terkait di Kavala.

​