PENYERAHAN SURAT KEPERCAYAAN DUBES LBBP RI UNTUK YUNANI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Yunani, Benny Bahanadewa telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Yunani, Karolos Papoulias, pada 29 November 2012 di Istana Kepresidenan (Proedriko Megaro), Athena. Pada acara penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes RI didampingi oleh Pelaksana Fungsi Politik, Fungsi Pensosbud dan Fungsi Protokol KBRI Athena.

Rangkaian acara ini dimulai dengan penjemputan Duta Besar RI di Wisma Duta dengan kendaraan dan pengawalan khusus protokol istana Yunani. Memasuki halaman istana, Duta Besar Benny Bahanadewa diterima oleh Kepala Protokol Negara dan menerima penghormatan dari pasukan khusus istana Evzone yang dilanjutkan dengan mendengarkan lagu kebangsaan Yunani, "Ymnos Eis Tin Eleftherian" (Hymn To Liberty).

Duta Besar Benny Bahandewa kemudian memasuki ruang upacara (Hall of Ceremonies) dan diterima oleh Presiden Yunani, Yang Mulia Karolos Papoulias untuk melakukan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan. Presiden Karolos Papoulias  didampingi oleh Menlu Dimitris L. Avramopoulos, Sekretaris Jenderal Kantor Kepresidenan, dan pejabat dari kantor Presiden lainnya yaitu Direktur Diplomatik dan Kepala Militer istana. 

Dalam pembicaraan yang dilakukan setelah penyerahan surat-surat kepercayaan, Presiden Papoulias mengungkapkan penghargaannya atas peran besar Indonesia dalam OIC. Oleh sebab itu, Yunani ingin meningkatkan kerja sama dalam interfaith dialogue mengingat Indonesia dipandang sebagai negara yang cukup berpengaruh di kalangan negara-negara Islam di dunia.

Presiden Papoulias menyampaikan salam hormat kepada Presiden RI dan rakyat Indonesia, serta menyatakan keinginannya untuk dapat berkunjung ke Indonesia pada tahun 2013, sekiranya perekonomian Yunani pada tahun tersebut sudah membaik.

Dalam tanggapannya, Dubes RI mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Pemerintah Yunani dan juga menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan rakyat Indonesia kepada Presiden dan rakyat Yunani.

Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia dan Yunani telah memilliki jalinan hubungan bilateral yang harmonis dan harapan untuk dapat mengembangkan upaya-upaya baru guna meningkatkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa kerja sama kedua negara di bidang politik dalam tataran multilateral telah berjalan dengan baik dengan adanya saling dukung pencalonan kedua negara.

Dubes RI menilai penting peningkatan kerja sama di bidang ekonomi khususnya perdagangan dan pariwisata.

Selain di bidang ekonomi, Dubes RI juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia senantiasa berupaya memajukan kerja sama di bidang pendidikan dan budaya. Pada tahun ajaran 2012, Pemerintah Indonesia telah memberikan 7 beasiswa dalam rangka program Darmasiswa kepada pemuda/pemudi Yunani.

Atas informasi tersebut, Presiden Papoulias menghargai upaya yang telah dilakukan oleh Indonesia, terutama di bidang ekonomi. Beliau memuji Indonesia yang mempunyai tingkat perekonomian yang tinggi dan terus berkembang. Presiden menyatakan rasa senangnya bahwa hubungan perdagangan Indonesia dan Yunani juga terus berjalan dan meningkat walaupun kedua negara mempunyai jarak yang berjauhan.

Di akhir pembicaraan, Presiden Yunani sekali lagi mengharapkan agar kunjungannya ke Indonesia tahun depan dapat menajdi kenyataan.

Usai acara penyerahan Surat Kepercayaan dan ramah tamah, prosesi Credential diakhiri dengan acara pengambilan foto bersama bersama. Di depan pintu utama Istana Kepresidenan dikumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya ddengan pengawalan dari pasukan Evzone.

Sebagai bagian dari acara credential, Duta Besar Benny Bahanadewa pada sore hari mengadakan resepsi di Wisma Duta dengan mengundang Duta Besar Perwakilan lain dan mitra dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian terkait.

 

Athena, 29 November 2012