KUNJUNGAN DUTA BESAR RI DI CHIOS

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pulau Chios di Yunani yang hanya dibatasi oleh Selat Chios dengan Turki, pada tanggal 11-12 November 2012 telah menyelenggarakan Perayaan Peringatan 100 tahun kebebasan wilayah Chios.  Atas undangan walikota Chios, Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa telah menghadiri peringatan tersebut didampingi oleh Kepala Fungsi Politik KBRI Athena.

Selain Duta Besar RI, hadir pada peringatan tersebut sebagai tamu kehormatan yaitu Kepala Staf Angkatan Darat Yunani, Menteri Perkapalan Yunani dan Kepala Staf Angkatan Laut Yunani. Selain itu jajaran pemerintah setempat serta masyarakat Chios tampak antusias menghadiri rentetan acara peringatan yang dipusatkan di Balaikota Chios. Peringatan dimeriahkan dengan parade seni budaya masyarakat Chios dan parade militer Yunani. 

Perayaan Peringatan 100 tahun pembebasan Chios ini bertepatan dengan peringatan pembebasan Chios dari kependudukan Turki tahun 1912.  Walaupun dilaksanakan dalam suasana keprihatinan kondisi ekonomi di Yunani, Pemerintah Chios telah menjadikan perayaan peringatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong kehadiran wisatawan asing berkunjung ke Chios. Wisatawan yang banyak berkunjung ke Chios utamanya adalah dari Turki dan negara Eropa lainnya. Wisatawan Asia khususnya dari China juga sudah mulai berdatangan sebagai bagian dari paket wisata ke Izmir, Turki dan Athena, Yunani.

Pulau Chios, pulau kelima terbesar di Yunani, selama ini merupakan salah satu pulau tujuan wisata selain Santorini dan Mykonos.  Tempat wisata terkenal di pulau ini adalah desa-desa dari jaman abad pertengahan dan juga monastery Nea Moni dari abad ke-11 yang termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Di pulau ini juga terkenal dengan produk Mastiha, getah pohon yang berfungsi sebagai bahan medis dan wewangian dan hanya tumbuh di Yunani dan dunia. Getah Mastiha atau yang lebih dikenal dengan “Air mata dari Chios” merupakan produk utama pertanian yang menopang kehidupan masyarakat Chios, selain jeruk.

Dalam pertemuan Duta Besar RI untuk Yunani dan Walikota Chios dibicarakan berbagai hal yang menyangkut kemungkinan kerja sama yang dapat dijalin kedua pihak seperti kerja sama wisata dengan daerah di Indonesia dalam rangka pengembangan objek wisata kelautan.

 

Athena, 13 November 2012