INDONESIA RAIH PENGHARGAAN DUNIA UNTUK PROJECT EXELLENCE IN MEGA-SIZED PROJECT

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Wakil Indonesia pada 26th IPMA (International Project Management Association) World Congress 2012, PT Tripatra Engineers & Contractors  Indonesia berhasil meraih penghargaan pertama untuk kategori “Project Excellence in Mega-Sized Projects” bagi proyek yang telah dilaksanakannya yaitu Mega Project Jambi Merang Construction. Penghargaan ini diberikan setelah mengalahkan dua finalis lainnya yaitu Amsterdam Airport Schipol- Belanda dan Technint Engineering and Construction - Italia.

 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh President of IPMA, Roberto Mori kepada CEO PT Tripatra, Joseph Pangalila dan disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Yunani, Bapak Benny Bahanadewa, pada malam Gala Dinner IPWA World Congress tanggal 30 Oktober 2012 di hotel Crea Maris, Pulau Crete, Yunani. Penghargaan ini merupakan penghargaan berikutnya setelah sebelumnya untuk proyek yang sama PT Tripatra berhasil mendapatkan APFPM (Asia Pacific Federation of Project Management) Award pada bulan Maret 2012 yang kongresnya dilaksanakan di Hongkong.

 

Penghargaan Project Excellence setiap tahun diberikan oleh IPMA kepada tim proyek yang paling sukses di dunia. Penghargaan ini mengidentifikasikan contoh manajemen proyek yang sangat baik dan pengakuan terhadap proyek-proyek inovatif. Proses penilaian terhadap pemenang didasarkan pada Model Excellence Project IPMA dan untuk tahun ini penilaian dilakukan oleh 5 orang IPMA Assessors yang berasal dari Polandia, Jerman, Inggris, Austria dan Australia pada bulan September 2012.

 

Duta Besar RI utnuk Yunani, Bapak B. Bahanadewa yang hadir pada malam pemberian penghargaan menyatakan kegembiraannya bahwa salah satu perusahaan milik anak bangsa dapat meraih penghargaan ini. Menurut beliau, penghargaan ini merupakan pengakuan internasional tertinggi terhadap kinerja project management yang ditangani oleh perusahaan Indonesia. Penghargaan ini sekaligus akan menjadi benchmark kualitas project management bagi perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya.

 

Menurut wakil dari PT Tripatra, keikutsertaan Indonesia ini adalah yang pertama kalinya dalam ajang IPMA Award. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara ASEAN yang hadir dalam konggres ini. Bagi PT Tripatra, penghargaan ini akan mendukung dan memicu manajemen proyek PT Tripatra dalam mencapai kinerja tinggi bagi proyek-proyek berikutnya. Selain itu, penghargaan ini akan memberikan kesempatan yang baik untuk pemasaran mereka di seluruh dunia.

 

Dalam konggres ini, delegasi Indonesia terdiri dari 8 orang dari PT Tripatra dan IAMPI (Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia). Kehadiran wakil dari Indonesia selain untuk menerima penghargaan juga untuk memberikan presentasi yang berjudul  Toll Road Infrastructure Development in Indonesia: A System Dynamics Perspective pada tanggal 31 Oktober 2012 oleh anggota IAMPI, Lukas Sihombing.

 

Sebagai informasi, IPMA adalah sebuah asosiasi dunia untuk manajemen proyek dan dinilai sebagai pemimpin pada kompetensi proyek, program dan kinerja portfolio. Anggota IPMA terdiri dari 120.000 anggota dari 65 asosiasi di seluruh dunia. IPMA World Congress adalah acara konferensi tahunan
yang pada tahun ini diselenggarakan di 5* Creta Maris Convention & Golf Resort, Hersonissos, Pulau Crete, Yunani sejak tanggal 29-31 Oktober 2012.

 

 

Athena, 31 Oktober 2012