COLOURS OF CELEBRATION MEWARNAI ATHENA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kecantikan gadis Bali dan potret kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia merupakan tema lukisan yang ditampilkan dalam pameran lukisan Indonesia di Athena yang bertajuk “Colours of Celebration”. Pameran yang menampilkan 18 buah lukisan karya pelukis Indonesia, Wayan Dania, rencananya berlangsung selama 4 hari dari tanggal 13-16 Desember 2012.

 

Dalam pelaksanaan pameran ini, KBRI Athena bekerja sama dengan Pusat Arsip Film Yunani, Greek Film Archive. Pameran diselenggarakan di ruang pameran sebuah gedung bioskop lawas “Lais” yang adalah kantor pusat Greek Film Archive. Berlokasi di daerah Gazi yang merupakan hot spot di Athena untuk kegiatan seni dan budaya, pameran lukisan ini diharapkan banyak menarik kedatangan para pecinta seni dari Athena dan kota-kota sekitarnya.

 

Pembukaan pameran dilakukan pada tanggal 13 Desember 2012 pukul 7 malam dan dihadiri oleh kalangan diplomatik dan pemerintah, kalangan seni di Athena dan friends of Indonesia. Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahanadewa pada sambutannya menyatakan kebanggaannya dan menyambut baik penyelenggaraan pameran, mengingat karya lukis yang ditampilkan menggambarkan  tradisi dan kehidupan masyarakat Indonesia terutama dari Bali, daerah asal pelukis. Selanjutnya menurut Dubes Bahanadewa, pameran ini diharapkan dapat menjadi jembatan pemahaman akan budaya Indonesia bagi masyarakat Yunani. Dubes juga memberikan inspirasi kepada para pengunjung pameran untuk lebih mengenal budaya dan tradisi Indonesia yaitu dengan cara berkunjung langsung ke Indonesia.

 

Direktur Greek Film Archive dalam sambutannya menyatakan kekagumannya pada lukisan Wayan Dania, yang menurutnya sangat teliti dalam menggambar guratan wajah-wajah dalam lukisannya. Menurutnya dirinya bahkan tidak percaya ketika diperlihatkan lukisan potret seorang bapak tua yang jika dilihat selintas mirip dengan hasil foto yang diambil dengan kamera.

 

Selesai acara sambutan, para tamu terlihat berkeliling mengamati koleksi lukisan Colours of Celebration sambil menikmati makanan kecil khas Indonesia seperti lumpia dan kue lumpur. Para tamu terlihat terus berdatangan bahkan sampai dengan usainya jam pameran yaitu pukul 10 malam.   

 

Pelukis Wayan Dania, adalah seorang pelukis Indonesia yang telah lama menetap di Athena karena pernikahannya dengan seorang wanita Yunani. Artis kelahiran Bali dan merupakan lulusan dari ISI Denpasar ini, telah banyak melakukan pameran baik tunggal maupun bersama pelukis lain di Indonesia dan Athena.  Karya-karya Wayan Dania kebanyakan menggambarkan potret wajah manusia dalam pose sehari-hari seperti potret seorang bapak tua, dua saudara kembar, dan seorang tukang cukur. Pengaruh tradisi Bali juga sangat mempengaruhi karyanya, terlihat dari warna-warna yang digunakan, latar belakang lukisan dan juga tema lukisan. Lukisan seorang penari Bali wanita, para penari Kecak dan pertarungan antara roh jahat dan roh baik merupakan contoh-contoh pengaruh tersebut.

 

Pameran lukisan ini merupakan penutup kegiatan seni budaya tahun 2012 dari KBRI Athena, dan diharapakan dapat dilanjutkan dengan kegiatan serupa di tahun yang akan datang.

 

Athens, 13 Desember 2012