Peringatan HUT Rl ke-68 di Astana Berlangsung Khidmat dan Sederhana

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada pagi hari yang cerah, di halaman belakang KBRI Astana, Kazakhstan, telah diselenggarakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-68 yang berlangsung secara khidmat dan sederhana. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang mengambil tema "Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat" dihadiri juga oleh perwakilan dari masyarakat Indonesia yang berada di Kazakhstan.

 

Dalam amanatnya, Duta Besar Rl untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, Foster Gultom menegaskan kembali 4 (empat) hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pentingnya kemampuan mengelola ekonomi di tengah ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global: pentingnya memelihara kerukunan dan toleransi, pentingnya untuk menyukseskan Pemilu 2014 dan suksesi kepemimpinan secara demokratis dan damai, serta pentingnya mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

"Terkait persiapan dan penyelenggaraan Pemilu 2014,  saya meminta partisipasi dan dukungan seluruh WNI di Kazakhstan dan Tajikistan agar pesta demokrasi yang akan dilaksanakan nantinya dapat berjalan lancer, tertib dan damai. Saya juga meminta agar semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pemilu 2014 dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik, transparan dan bertanggung jawab", demikian yang disampaikan Dubes Foster Gultom.

 

Seiring  dengan itu,  Dubes Foster mengajak segenap masyarakat Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan untuk lebih menggelorakan semangat dalam rangka menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia, demi kesejahteraan masyarakat, serta untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang terus bergerak menuju negara maju dan bahwa keberadaan KBRI Astana adalah untuk melayani seluruh warga Indonesia dan akan selalu terbuka bagi seluruh warganya.

 

Mengambil momentum ini, sesuai peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-68, diselenggarakan juga acara pelantikan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Kazakhstan, Serik Karymsakov. Serik, Karymsakov yang juga merupakan Ketua Kazakhstan Indonesia Business Council, resmi dilantik oleh Dubes Foster Gultom setelah pengangkatan dirinya sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Republik Kazakhstan disetujui dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 51/M Tahun 2013.

 

Acara pelantikan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Kazakhstan diawali dengan pembacaan petikan Surat Keputusan Presiden RI No. 51/M Tahun 2013,  pembacaan Berita Acara pelantikan Konsul Kehormatan RI, serta pembacaan sumpah dan janji Konsul Kehormatan Rl. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan Konsul Kehormatan Rl, penyematan lambang Garuda/bendera merah putih dan penyerahan Surat Tauliah. serta perangkat kantor resmi. Kantor Konsul Kehormatan Rl untuk Republik Kazakhstan berkedudukan di Almaty. Kazakhstan. (Sumber : KBRI Astana)