Masyarakat Kazakhstan Antusias Mendukung Kegiatan KBRI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sekitar 50 undangan yang menghadiri acara menyambut tahun baru 2015 di KBRI Astana nampak antusias melakukan interaksi dengan para staf, seraya menikmati sajian masakan nusantara dan tayangan video mengenai pariwisata, budaya dan pembangunan Indonesia.

Acara yang berlangsung pada tanggal 27 Januari 2015 ini telah secara rutin diselenggarakan di KBRI Astana sejak Januari 2013, ketika Duta Besar RI yang pertama untuk Republik Kazakhstan memulai tugasnya. KBRI Astana sendiri dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri RI pada 29 Desember 2010.

New Year's Gathering with Stake Holders, demikian judul acara ini dihadiri oleh wakil-wakil dunia usaha, akademisi, kalangan pemerintah, anggota Majelis, media massa, dan sahabat Indonesia dari kalangan masyarakat Kazakhstan.

"Dalam tahun 2014 lalu kita telah menyaksikan kemajuan dalam hubungan dan kerjasama antara Indonesia dan Kazakhstan yang ditandai oleh semakin intensifnya saling kunjung dan interaksi para pejabat, kalangan bisnis, akademisi dan wisatawan kedua negara, termasuk pertemuan Menlu RI dan Menlu Kazakhstan di Bali pada akhir Agustus 2014, kunjungan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia ke Astana pada Mei 2014, kunjungan delegasi Parlemen Indonesia ke Astana pada September 2014, partisipasi sejumlah pengusaha Kazakhstan pada TEI 2014 di Jakarta, dan partisipasi pemuda/pemudi Kazakhstan pada program BSBI dan Dharma Siswa di Indonesia” demikian Dubes RI dalam kata sambutannya.

Dubes RI juga menjelaskan adanya antusiasme masyarakat Kazakhstan untuk mengenal Indonesia Iebih dekat dalam setiap kunjungan kerjanya ke berbagai provinsi di Kazakhstan. Untuk itu, dalam waktu dekat KBRI Astana akan membuka Pusat Kebudayaan Indonesia di Astana sebagai tempat bagi masyarakat Kazakhstan untuk mengenal dan mendalami seni budaya Indonesia termasuk kursus Bahasa Indonesia dan masakan nusantara.

KBRI Astana mencatat adanya kecenderungan kenaikan kunjungan wisatawan Kazakhstan ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 4274 orang, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2013 berjumlah 3693 orang, dan tahun 2012 yang berjumlah 1455 orang (Agustus-Desember 2012, sejak pelayanan Konsuler KBRI Astana mulai beroperasi secara efektif).

Turut memberikan sambutan Mr. Serik Karymsakov, Konsul Kehormatan Indonesia di Almaty sekaligus Ketua Kazakhstan-Indonesia Business Council, Mr. Kayrbolat Sayakhmetov, President of Youth Business Council, dan Ms. Renata Faizova PhD, Director of Institute of Post-Graduate Studies and International Affairs, KazGYU. Ketiganya menyambut baik dan menyatakan apresiasi atas usaha KBRI Astana dalam upaya membangun hubungan dan meningkatkan kerjasama antara Kazakhstan dan Indonesia, serta senantiasa siap sedia untuk turut mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan KBRI dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang. (KBRI Astana, 27 Januari 2015)