Komisi I dan BKSAP DPR RI Kunjungi Astana Guna Perkuat Kerja Sama Antar Parlemen RI-Kazakhstan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Untuk semakin memperkuat kerja sama antar Parlemen RI-Kazakhstan, DPR RI yang diwakili oleh Komisi I dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) lakukan kunjungan kerja ke Astana, Kazakhstan. Delegasi Komisi I, yang dipimpin oleh Bapak Ramadhan Pohan, dan BKSAP, yang dipimpin Bapak Surahman Hidayat, berada di Kazakhstan selama 4 (empat) hari, yaitu tanggal 28 April hingga 1 Mei 2013.

 

Dalam kunjungan kerja tersebut, kedua delegasi bertemu dengan para mitra kerjanya, antara lain Mazhilis dan Kementerian Luar Negeri Republik Kazakhstan, serta perusahaan nasional JSC “Kazakhstan Engineering”. Pada pertemuan dengan Wakil Ketua Mazhilis dan Wakil Menlu Republik Kazakhstan, Delegasi Komisi I dan BKSAP menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan pejabat tinggi Indonesia, khususnya dalam rangka menyambut peringatan 20 tahun hubungan diplomatik RI-Kazakhstan, yang jatuh pada bulan Juni 2013.

 

Kedua delegasi juga menegaskan kembali niatnya untuk semakin memperkuat kerja sama parliament-to-parliament antara RI-Kazakhstan, yang merupakan salah satu pilar dari multi-track diplomacy, termasuk realisasi beberapa kesepakatan kedua negara yang telah ditandatangani pada saat kunjungan Presiden Nursultan Nazarbayev ke Jakarta bulan April tahun lalu.

 

Sementara itu, dalam pertemuan dengan perusahaan nasional JSC “Kazakhstan Engineering”, Delegasi Komisi I membahas lebih jauh mengenai perkembangan bidang transportasi udara, kemiliteran, persenjataan di Kazakhstan, serta kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan dengan pihak Indonesia, termasuk dengan beberapa perusahaan industri strategis Indonesia yang juga bergerak di bidang yang sama, seperti PT. Pindad dan PT. Dirgantara Indonesia.

 

Dalam kunjungan kerja dimaksud, kedua delegasi juga sempat mengunjungi  2 (dua) mesjid terbesar di Kazakhstan, yaitu Mesjid Hazret Sultan dan Mesjid Nur Astana, serta berdialog dengan pimpinan ulama kedua mesjid untuk membicarakan praktik kerukunan antar umat beragama di kedua negara.

 

Kunjungan Delegasi Komisi I dan BKSAP DPR RI juga sempat diliput oleh salah satu televisi nasional Kazakhstan, yaitu “Khabar TV”. (Sumber : KBRI Astana)