Kehadiran Delegasi Indonesia pada Pertemuan Ke-3 Chief Negotiators Meeting Asian Infrastructure Investment Bank CNM- AIIB,

Delegasi Indonesia yang terdiri dari 3 orang pejabat dari Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Kerja Sama Internasional selaku Ketua Delri; Parjiono, Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral, Badan kebijakan fiscal; dan Nasrudin Djoko Surjono, Kepala Bidang Evaluasi kebijakan Regional dan Bilateral, Badan kebijakan Fiskal disertai oleh seorang Staf Kementerian Luar Negeri, Mashita Insani Kamilia, telah menghadiri Pertemuan Ke-3 Chief Negotiators’ Meeting: Asian Infrastructure Investment Bank (CNM-AIIB), yang berlangsung di Almaty, Kazakhstan pada tanggal 29-31 Maret 2015. Selain Indonesia, pertemuan ini juga dihadiri oleh 29 negara calon pendiri (prospective founding members). Wakil Menteri Keuangan RRT Shi Yaobin dan Wakil menteri Keuangan Kazakhstan, Marat Kussainov bertindak selaku Co-Chairman.

Pertemuan pertama CNM-AIIB diadakan di Kunming, China, pada tanggal 28 Nopember 2014 dihadiri oleh 20 negara, dan pertemuan kedua diadakan di Mumbai, India pada tanggal 15-16 Januari 2015 yang dihadiri oleh 26 negara. Dalam pertemuan di Almaty, pembahasan berfokus pada penyelesaian Articles of Agreement (AoA) dan Share Capital masing-mamsing negara anggota, baik antara regional maupun non-regional members dalam rangka pembentukan institusi keuangan ini.

AIIB kelak akan menjadi sebuah institusi keuangan internasional/bank yang bergerak dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur, yang keanggotaannya bersifat terbuka untuk semua negara yang berkepentingan. Sementara itu, untuk menjadi anggota AIIB negara yang berkepentingan harus menandatangani dulu MoU yang telah disiapkan tidak lebih dari tanggal 30 Maret 2015.

Pertemuan Ke-4 CNM-AIIB akan diadakan di Beijing pada tanggal 27-28 April 2015, dan pertemuan ke-5 akan diadakan pada bulan Mei 2015 yang tempatnya akan ditentukan dalam pertemuan Beijing. Sedangkan finalisasi butir-butir perjanjian (Articles of Agreement/AoA) diharapkan akan dapat diselesaikan pada pertemuan ke-6 yang akan diadakan bulan Juni atau Juli 2015. ​