PROMOSI INDONESIA TERPADU DAN SAMBUT HARI BATIK NASIONAL

​​Pada tanggal 30 September 2015, bertempat di Wisma Indonesia, diselenggarakan Kegiatan Promosi Kegiatan Terpadu   sebagai bagian dari Indonesia Incorporated to Madagscar melalui acara Afternoon Tea in Indonesia. Acara dihadiri, antara lain, Menteri Kebudayaan dan Kerajinan Tangan Mme Brigite Rasamoela, Menteri Perdagangan dan Konsumsi Mr. Henri Rabensahala, Menteri Air dan Kebersihan Mme Benedicte Johanita N, oleh: Dubes Mesir, Mauritius Konhor Malta, Kedubes India dan perwakilan asing di Madagaskar Staf Khusus  ibu Kepala Negara, perwakilan Kementerian lainnya, Perbankan, organisasi kewanitaan AMIF (Asosiasi Wanita Madagascar Chapter Indonesia), AAM, WMG (Wednesday Morning Group), Alumni Indonesia, peserta Trade Expo Indonesia (TEI) 2015, Panitia/Pemenang perlombaan Festival Kuliner Haify Mampihavana, wartawan, seluruh staf Indonesia dan WNI.


Sebelum tamu memasuki  tempat  acara dimohon untuk membubuhkan tanda tangan,   coretan dan pesan  dengan teknik membatik dan setelah selesai acara ditunjukkan kepada hadirin  hasilnya  yang mendapatkan sambutan appresiasi.


KUTAP RI, dalam sambutannya menyampaikan a.l bahwa kegiatan terpadu ini  adalah  Promosi Bidang Trade–Tourism-Investment dan Cultural serta Services (TTICS) merupakan salah satu media untuk mendekatkan kerjasama disemua bidang yang saling menguntungkan untuk Madagaskar dan Indonesia yang diulangi lagi melalui pendekatan konsep 3F Firahalahiana Mandrakizay (Persaudaraan Abadi), Fihavanana Mandraizay (SIlahturahmi Abadi) dan Fatoram-pifankatiavana Mandrakizay (Tali Kasih Abadi). Hadirin termasuk Menteri yang menghadiri acara dimaksud memberikan apresiasi kepada KBRI Antananarivo atas partisipasi aktif dalam kegiatan kebudayaan yang bisa mendorong rakyat Malagasy untuk makin menggali dan mempromosikan nilai budaya dan identitas nasional Malagasy.  Selain itu juga diinfokan kepada hadirin bahwa acara diselenggarakan dalam rangka  promosi Trade Expo Indonesia (TEI) 2015 dan menyambut Hari Batik Nasional  pada tanggal 2 Oktober (UNESCO menetapkan Batik sebagai  Warisan Budaya Dunia pada tanggal 2 Oktober 2009).


Acara dilanjutkan dengan penampilan Tarian Yapong dan Tari Piring/Fashion Show Batik oleh Group Kesenian KBRI Antananarivo & guru tarian dari ISBI Bandung Pengenalan Musik tradisional  dan Batik Indonesia oleh Pelatih dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung yakni Gamelan  (Iman Faturochman) dan Presentasi Pembuatan Batik (Ari Winarno).


Acara  dilanjutkan dengan presentasi PF. Ekonomi (Endang Rakhmat) menjelaskan tentang Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan tanggal 21 s/d 25 Oktober 2015 dan himbauan kepada  hadirin dan mitra untuk berpartisipasi.  Setelah selesai acara utama  diteruskan  dengan menikmati  Kuliner Indonesia. Di sela-sela acara  dicatat beberapa pembicaraan dengan mitra setempat untuk penjajagan Kerjasama  Bilateral diberbagi Bidang.