Keceriaan Hari Anak Nasional di Madagaskar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 26 Juli 2011, seluruh keluarga besar KBRI Antananarivo termasuk staf lokal telah merayakan Hari Anak Nasional bertempat di Wisma Indonesia di Antananarivo. Sekitar 20 anak telah memeriahkan hari anak tersebut dengan beberapa kegiatan hiburan. Seperti perayaan hari anak sebelumnya, hari anak nasional kali ini dengan tema Anak Indonesia Sehat, Kreatif dan Berahlak Mulia dimeriahkan dengan beberapa kegiatan hiburan anak-anak, seperti senam, cerdas cermat, lomba menggambar dan nyanyian. Perayaan hari anak juga diiringi dengan permainan musik yang meramaikan suasana dan pembagian hadiah.

 

Dua lagu yang dinyanyikan anak-anak adalah “Presiden” dan “Aku Anak Indonesia”. Untuk lomba menggambar, setiap anak dialokasikan waktu 15 menit menggambar sesuatu yang mendeskripsikan masa depan masing-masing. Gambar tersebut kemudian dinilai oleh para juri dengan meminta setiap anak menjelaskan gambarnya yang terkait dengan cita-cita masing-masing. Sementara untuk senam diiringi dengan lagu dan musik.

Dalam sambutan pembukaannya, Kuai RI Antananarivo, Sarwono, menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli dirayakan dalam rangka memberikan perhatian khusus kepada anak akan kebutuhan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraanya demi menyongsong masa depan yang baik. Kuai juga menegaskan bahwa disamping bimbingan anak di sekolah, peran orang tua untuk memperhatikan kebutuhan anak-anak termasuk pengembangan pribadi dan semua potensi kecerdasannya baik kebutuhan fisik, mental dan spiritual sangat dibutuhkan. Kuai juga menambahkan bahwa perayaan Hari Anak Nasional setiap tahun sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 44 tahun 1984 tanggal 23 Juli 1984.

Dalam kesempatan tersebut, Kuai RI berkesempatan untuk tanya jawab dengan anak-anak seputar pendidikan, hobi, cita-cita mereka yang dijawab dengan riang oleh anak-anak Indonesia.

Perayaan hari anak diakhiri dengan pembagian hadiah, foto bersama dan santap siang masakan Indonesia bersama seluruh keluarga besar KBRI Antananarivo. Perayaan Hari Anak Nasional tersebut berlangsung sederhana, tertib dan lancar.