ASEAN Committee in Madagascar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di kedutaan Besar Republik Indonesia di Antananarivo telah dilangsungkan pertemuan antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Antananarivo dengan Konsulat Jenderal Kerajaan Thailand di Antananarivo. Pertemuan ini dipimpin bersama oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI, Sarwono dan Konsul Jenderal (Konjen) Thailand, Narote Sangkamanee. KUAI didampingi oleh Wahyu Riadi (Sekretaris I), Hanggorono Nurcahyo (Sekretaris II) dan Yulius Mada Kaka (Sekretaris III), sementara Konjen Thailand didampingi oleh Phatkarin Buaphuang (Konsul). Pertemuan diadakan pada 27 Maret 2012.

Pertemuan membicarakan beberapa agenda utama, antara lain kedua pihak sepakat untuk pertama kalinya menetapkan nama forum pertemuan ini menjadi ASEAN Committee in Madagascar (ACM). Selanjutnya, ACM pada tahun 2012 selain akan mengadakan resepsi bersama ASEAN Day ke-45, juga merencanakan beberapa kegiatan lainnya seperti culinary and cultural festivals dan ASEAN Sporting Days. Pertemuan juga membicarakan perkembangan situasi domestik di Madagaskar, serta menyetujui koordinasi antar kedua misi untuk saling tukar informasi mengenai perkembangan politik dan keamanan di negara setempat. Indonesia dan Thailand juga sepakat untuk kedepan mengambil langkah bersama dalam menyikapi permintaan Pemerintah Madagaskar untuk bantuan korban bencana alam siklon. Di akhir pertemuan, kedua pihak menyepakati untuk melanjutkan pembicaraan mengenai kemungkinan penyelenggaraan seminar/workshop bersama dengan tema “deforestation” dan/atau “disaster management”.

Pertemuan ini merupakan pertemuan keempat antara KBRI dan Konsulat Jenderal Kerajaan Thailand. Tiga pertemuan sebelumnya berlangsung pada tahun 2011 yang difokuskan pada persiapan resepsi perayaan ASEAN Day ke-44.