Peresmian Konsul Honorer RI di Kota Kayseri, Turki

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Telah dilaksanakan peresmian Konsul Honorer RI  (Konhor RI) di kota Kayseri Turki, Senin, (03/08/2013). Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) nomor P.A 021360 P.C tertanggal 19 Juni 2013. Mr Tahir Nursacan diangkat resmi selaku Konsul Honorer Republik Indonesia di Kayseri. Konsulat Kehormatan RI di kota Kayseri merupakan Konhor ke-3 di Turki, setelah Istanbul dan Izmir.

 

Hadir kurang lebih 130 orang, dalam acara peresmian diantaranya Gubernur Kayseri Honorable Orhan Duzgun, Pimpinan Muspida Kayseri, Pimpinan Asosiasi Bisnis Kayseri, pengusaha Kayseri dari berbagai sektor bisnis, Rektor dari 4 Universitas di Kayseri, Tokoh Masyarakat Kayseri, sejumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kayseri.  Pihak KBRI diwakili oleh Duta Besar LBBP RI Ankara Ibu Nahari Agustini didampingi Sdr Hanif Salim, Minister Counsellor Ekonomi I (terlampir beberapa foto kegiatan).

 

Acara dimulai dengan Sambutan Mr Tahir Nursacan, Gubernur, Duta Besar RI Ankara, penyerahan bendera merah putih, peresmian kantor Konhor RI dan upacara menaikan bendera di kediaman Konhor RI Kayseri yang dihadiri oleh undangan.

 

Duta Besar RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mr Tahir Nursacan, dipilih dan dipercaya sebagai orang yang tepat menjabat Konsul Honorer Indonesia di Kayseri melalui berbagai  pertimbangan dan kontribusi upaya peningkatan hubungan ekonomi, pendidikan, perlindungan WNI yang dilakukannya.

 

Mr. Tahir (pemilik / pimpinan Perusahaan Milkay Textile, Kayseri) dinilai sukses membantu meningkatkan hubungan ekonomi RI – Turki contohnya beberapa waktu lalu bekerjasama dengan KBRI Ankara mendatangkan delegasi bisnis dari Propinsi Jawa Barat tahun 2012 dan kunjungan bisnis dan budaya oleh Sultan Hamengku Buwono X dan rombongan dari Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Maret 2013 ke Kayseri. Selain itu Mr Tahir juga  dikenal selalu memberikan konstribusinya berupa tempat asrama, bea siswa kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia di kota Kayseri yang berjumlah k.l 60 orang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Duta Besar juga menyampaikan bahwa pada tahun 2010 dan 2011, dari hasil saling kunjung kedua Presiden ke Indonesia dan Turki telah sepakat untuk meletakan hubungan kedua negara pada kemitraan strategis dan menargetkan peningkatan volume perdagangan menjadi USD 5 Milyar hingga tahun 2015. Sejak adanya komitmen kedua Presiden tersebut dari tahun 2010 volume perdagangan terus meningkat dari  USD 1,7 milyar naik menjadi 2,03 milyar di akhir tahun 2012 yang lalu. Oleh sebab itu sebagai Konsul Honorer Indonesia di Kayseri, Mr Tahir diharapkan membantu memfollow up komitmen kedua Presiden tersebut. dengan meningkatkan misi misi investasi dan perdagangan RI dan Turki.

 

Ditegaskan pula bahwa Presiden Indonesia sangat memberi perhatian penuh terhadap perlindungan warganegara Indonesia di seluruh dunia termasuk di Turki. Oleh sebab itu Dubes RI minta bantuan Mr Tahir Nursacan untuk ikut mendukung upaya pelayanan dan perlindungan WNI di Kayseri dan sekitarnya.

 

Selaku Konhor RI, Mr Tahir diharapkan untuk mensukseskan misi kebudayaan RI – Turki guna lebih ditingkatkannya saling pengertian antara rakyat di Kayseri Turki dan di Indonesia. Hubungan people to people contact mempererat kedekatan dan saling pengertian agar terjaganya dengan baik kepentingan kedua negara untuk saling bahu membahu agar maju bersama di segala bidang.

 

Mr Tahir Nursacan dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas selaku  Konsul Honorer Indonesia di Kayseri adalah tugas yang terhormat dan prestisius karena mewakili 245 juta penduduk nomor 4 terbesar di dunia, Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Tugas Konsul Honorer ini juga sangat penting untuk membantu misi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki terhadap 3 tugas pokok yang telah disebutkan oleh Duta Besar Ri Ankara diatas. Oleh karena itu dia dan seluruh staf Konhor RI akan berupaya mensukseskan dalam menjalankan amanat yang telah diberikan Presiden Republik Indonesia kepada dirinya.

 

Gubernur Kayseri dalam sambutannya memberi ucapan selamat kepada Mr Tahir Nursacan dan menyambut baik diresmikannya Konhor RI Kayseri beserta kantornya. Beliau berjanji akan membantu sepenuhnya tugas Mr Tahir guna meningkatkan hubungan ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan perlindungan WNI diwilayahnya. Jika ada kendala Gubernur Kayseri dan staf dengan tangan terbuka siap membantu. Menurutnya selain Istanbul sebagai pusat perdagangan Turki, pilihan Konhor RI di Kayseri adalah pilihan yang tepat karena Kayseri merupakan salah satu Propinsi Industri terbesar di Turki.

 

Duta Besar RI Ankara dalam kesempatan itu juga mengharapkan kepada Gubernur Kayseri, Ketua Parlemen Kayseri, Seluruh Pimpinan Bisnis, Tokoh Masyarakat Kayseri dapat kiranya memberikan dukungan kepada Mr Tahir Nursacan dalam menjalankan tugas selaku Konsul Honorer Indonesia guna mensukseskan misi kedua negara Indonesia dan Turki dan tercapainya kesejahteraan rakyat kedua Negara. (Sumber : KBRI Ankara).