Partisipasi Indonesia pada EMITT 2012 di

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

1.   Partisipasi Indonesia pada Pameran Pariwisata Internasional EMITT 2012 ke-16 (East Mediterranean International Travel and Tourism Exhibition) di Tuyap Fuar ve Kongres Merkezi? Cumhuriyet Mh. 34520 Istanbul, Türkiye pada tanggal 9 – 12 Februari 2012 telah terlaksana dengan baik dan lancar.

 

2.   Terdapat 2 (dua) industri wisata Indonesia yang ikut serta mengisi stand Indonesia yaitu : MG Holiday dan Adventure Indonesia. Sedangkan dari Turki yaitu : GNM Matahari Travel Istanbul dan Qatar Airways Istanbul. Usai meresmikan pembukaan Pameran EMITT ke-16 pada tanggal 9 Februari 2012, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mr. Ertugrul Günay, melakukan kunjungan ke stan-stan pameran termasuk stan Indonesia di Salon 2. Di depan stan Indonesia Duta Besar RI Ankara, Ibu Nahari Agustini didampingi oleh beberapa pejabat Kemenparekraf dan staf KBRI Ankara menyambut kedatangan Menbudpar Turki. Sempat agak lama Menbudpar Turki berhenti di depan stan Indonesia untuk menerima souvenir dari Kemenparekraf dan melihat stan dan tari Bali oleh warga Indonesia yang tinggal di Ankara.

 

3.   Diperoleh informasi, setiap harinya stan Indonesia dikunjungi oleh sebanyak lebih dari 100 orang pengunjung, mereka mengambil bahan-bahan promosi wisata Indonesia dan beberapa orang menanyakan berbagai hal tentang wisata ke Indonesia   khususnya pada tanggal 9-10 Februari 2012 pada saat pameran dibuka hanya untuk para pengusaha/profesional bisnis pariwisata (table top, business to business).

 

4.   EMITT 2012 diikuti oleh 4500 peserta terdiri dari  industri wisata dan perwakilan daerah di Turki, serta berbagai industri wisata asing dari 62 negara. Jumlah pengunjung tahun 2012 sebanyak 128.000 orang meningkat sebanyak 12% dibanding tahun 2011. Jumlah peserta pameran juga meningkat sebesar 11% dibanding tahun 2011. EMITT diadakan di kawasan bisnis pinggiran Istanbul sekitar 45 km dari pusat kota, dengan luas lahan 44,114 m2. Stan Indonesia di Salon 2 (Salon Internasional) berdampingan dengan Malaysia, Thailand dan Singapore. Pihak Penyelenggara EMITT 2012 telah memberikan penghargaan kepada stan Indonesia sebagai The Best Stand Show of EMITT 2012, dengan kriteria antara lain eye catching, modern minimalis, memiliki tema Go Green.

 

Penyelenggaraan Indonesian Tourism Sales Mission di Istanbul – 13 Februari 2012 dan di Ankara 15 Februari 2012

 

Penyelenggaraan Indonesian Tourism Sales Mission telah dilakukan dengan baik dan lancar di Ramada Sisli Hotel Istanbul pada tanggal 13 Februari 2012 dan di Hilton Hotel Ankara pada tanggal 15 Februari 2012. Industri wisata Indonesia yang turut serta pada acara ini adalah MG Holiday dan Jet Golf dari Jakarta. Kedua perusahaan ini memberikan paparan bidang bisnis mereka dan menawarkan kerjasama bisnis dalam acara table top meeting (business to business). District Sales Manager Qatar Airways Istanbul juga memberikan sedikit penjelasan mengenai jalur penerbangannya dari Istanbul ke Jakarta atau Denpasar. Demikian juga wakil Qatar Airways di Ankara memberikan penjelasan kepada para industri wisata Turki yang hadir pada Indonesian Tourism Sales Mission di Hilton Hotel Ankara. Menurut kedua pengusaha Indonesia

 

1.   tersebut, sambutan pengusaha setempat di Istanbul lebih banyak menyampaikan minatnya untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan kerjasama bisnis (karena Istanbul merupakan pusat pariwisata internasional) dibandingkan sambutan  yang di Ankara. Namun demikian menurutnya di kedua kota ini terdapat minat yang tinggi untuk mengadakan jaringan usaha wisata Turki – Indonesia.

 

2.   Kedua acara tersebut dibuka oleh Duta Besar RI Ankara, dalam sambutannya mengajak para pengusaha industri wisata kedua negara dapat meningkatkan kerjasama bisnis mereka mengingat saat ini kedua negara telah memiliki perjanjian pemberian visa on arrival, juga telah terdapat beberapa penerbangan internasional yang membuka jalur penerbangan dari Ankara dan Istanbul ke Jakarta dan Denpasar. Hubungan Indonesia dan Turki telah terbina sejak lama dan hubungan  kerjasamanya semakin meningkat yang ditandai dengan kunjungan Presiden RI pada tahun 2010 dan kunjungan Presiden Turki ke Indonesia bulan April 2011. Pertumbuhan ekonomi Turki saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang relatif tinggi dan mantap sementara pertumbuhan ekonomi di negara-negara lain di sekitarnya cenderung melemah. Tingkat kehidupan ekonomi dan penghasilan bangsa Turki saat ini semakin meningkat hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk semakin meningkatkan promosi wisata Indonesia kepada bangsa Turki.

 

 

3.   Usai sambutan pembukaan, dilanjutkan dengan paparan mengenai dunia pariwisata Indonesia secara umum oleh Pejabat Kemen Parekraf Indonesia mewakili Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri. Dalam paparannya, pembicara menjelaskan adanya potensi dan peluang besar untuk meningkatkan kerjasama pariwisata antara Turki dan Indonesia.

 

4.   Puncak acara berupa penarikan hadiah lucky draw bagi pemenang di Istanbul yaitu : 1 (satu)  free return ticket Istanbul - Doha - Jakarta/Denpasar, dan untuk penarikan lucky draw di Ankara berupa 1 (satu) free return ticket Ankara - Doha - Jakarta/Denpasar. Kedua free return tickets tersebut merupakan bentuk sponsorship dari maskapai penerbangan Qatar Airways. Sedangkan hadiah lucky draw dari Jakarta diberikan oleh MG Holiday, JETco, JetGolf serta barang-barang souvenir dan buku promosi wisata Indonesia dari Kemen Parekraf Indonesia.

 

5.   Acara dimeriahkan oleh 4 tarian dari grup sanggar tari Jakarta dan iringan musik Sasando yang dimainkan oleh pemain Sasando dari Jakarta. Kepada para undangan dihidangkan menu makanan Indonesia yaitu : Soto Ayam, Lumpia, Nasi Goreng, Bakmi Goreng, Rendang Sapi, Sate Ayam yang dimasak oleh cook chef hotel masing-masing selain itu tampak pula makanan menu Indonesia dinikmati oleh para tamu undangan.

 

6.   Acara malam Indonesian Tourism Sales Mission di Istanbul direkam video film oleh koresponden TV TRT Haber (TV Pemerintah Turki) dan melakukan wawancara dengan Duta Besar RI Ankara mengenai obyek-obyek wisata di Indonesia. TV TRT Haber yang sebelum menghadiri acara Indonesian Tourism Sales Mission di Istanbul ini telah mengunjungi stan Indonesia di EMITT 2012 dan menyatakan telah mengajukan surat permohonan ijin untuk melakukan shooting daerah-daerah tujuan wisata di Jakarta, Bali, Aceh dan Nusa Tenggara Timur.  Selain TV TRT Haber yang mengajukan ijin shooting film wisata,  pada waktu di pameran EMITT 2012 terdapat pula pengunjung stan Indonesia yaitu Ataman Erkul dari AE Production Company, Istanbul, Turkey yang mengajukan permintaan untuk melakukan shooting film wisata Indonesia untuk program acara pada Skyturk TV Channel / Carnival TV Show.

 

 

Fungsi Sosbudpen, 30 Maret 2012