Menteri Sosial RI Tanda Tangani Declaration Of Intent Kerjasama Kesejahteraan Sosial Sengan Pemerintah Turki

Pada tanggal 26 Desember 2013, Menteri Sosial RI, Dr. Salim Segaf Al Jufri, MA, dengan didampingi Duta Besar RI Ankara telah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kementerian Keluarga dan Kebijakan Sosial Turki, Assoc. Prof. Aşkın Asan di Ankara, Turki.  Pertemuan tersebut membicarakan hal-hal strategis yang menjadi sasaran kerjasama kedua negara, antara lain kerjasama pertukaran informasi dan berbagi pengalaman tentang program dan kegiatan kedua kementerian, pertukaran kunjungan ke lembaga kesejahteraan sosial yang berbasis komunitas sosial dan bergerak dalam bidang pelayanan keluarga, anak-anak, lanjut usia, penyandang disabilitas dan masyarakat miskin untuk memperluas jaringan dan memperkuat kerjasama yang saling menguntungkan.
 
Kerjasama kedua negara juga diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi dalam program-program untuk memperkuat dan mengembangkan kapasitas dan keterampilan sumber daya manusia dalam bidang pembangunan masyarakat khususnya kegiatan peningkatan penghasilan, pengurangan kemiskinan dan pembangunan keluarga, pertukaran keahlian dan pengetahuan tentang praktek terbaik dalam bidang pekerjaan sosial, pelayanan masyarakat dan manajemen risiko bencana serta partisipasi dalam lokakarya, seminar dan konferensi yang dilaksanakan untuk kepentingan dan pembangunan keluarga, anak-anak, lanjut usia, penyandang disabilitas dan masyarakat miskin.
 
Pada kesempatan tersebut, Menteri Sosial RI menyatakan bahwa pertemuan bilateral merupakan kelanjutan dari perjanjian antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki tentang Kerjasama Ekonomi dan Teknis yang ditandatangani pada 18 Desember 1982, yang memandatkan bahwa kedua belah pihak akan berusaha memperkuat kerjasama ekonomi dan teknis antara kedua negara yang akan berkontribusi bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bagi masing-masing negara.
 
Pertemuan bilateral diakhiri dengan penandatanganan Declaration of Intent between the Ministry of Social Affairs of the Republic of Indonesa and the Ministry of Family and Social Policy of the Republic of Turkey on Social Welfare Cooperation.
 
Dalam pertemuan tersebut, Menteri Sosial RI juga mendapat penjelasan mengenai program dan capaian Turki dalam bidang bantuan sosial dan status perempuan.  Menteri Sosial RI juga berkesempatan mengunjungi pusat rehabilitasi sosial bagi penderita cacat dan manula “Saray Life without Barrier Center, Care and Rehabilitation Center and Family Counsultancy Center” dan pusat perlindungan anak terlantar/yatim piatu di “Ankara Homes of Affection,Children’s Homes and Girls’ Orphanage”. (Sumber: KBRI Ankara)