Wonderful Indonesia Night

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam upaya mengembangkan Industri Pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan serangkaian program promosí kebudayan di Turki. Promosi kebudayaan yang membawa branding Kemenparekraf “Wonderful Indonesia Night” yang bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia baik dalam keanekaragaman kebudayaannya, panorama alam, kehidupan bermasyarakat, keanekaragaman kulinernya dan murahnya biaya wisata di Indonesia. Kegiatan telah berhasil diselenggarakan di tiga kota terbesar di Turki, yaitu di Ankara, Izmir dan Antalya.

 

Wonderful Indonesia Night di Ankara

 

Di ibu Kota Ankara, acara Wonderful Indonesia Night diselenggarakan pada tanggal 23 November 2012 dalam acara cocktail di Hotel Sheraton. Undangan KBRI yang hadir malam itu adalah pejabat pemerintah, kalangan diplomatik, kalangan atase pertahanan, industri travel agent, expatriates, kolega KBRI Ankara dan komunitas lokal. Paket Wonderful Indonesia tersebut dikemas dalam satu program yang padat dan menarik. Sesuai dengan tema promosi Wonderful Indonesia yang bermaksud untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para undangan, selain pemutaran film dan paparan mengenai pariwisata, acara diwarnai oleh 7 tarian Indonesia dari sanggar tari Blitar Rose pimpinan Nyoman Suko Utomo yakni tari Cendrawasih, Njot-Njotan, Bajidor Kahot, Piring, Ngapak Enggan, Saman dan Poco-Poco.

 

Duta Besar LBBP RI Ankara, Ibu Nahari Agustini dalam sambutannya menjelaskan mengenai maksud kegiatan adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan keindahan dan keanekaragaman Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisman untuk mengunjungi Indonesia.

 

Sambutan para undangan dalam acara Wonderful Indonesia cukup meriah, terlebih lagi pada saat para undangan ikut belajar dan menari Poco-Poco diatas panggung. Malam Wonderful Indonesia di Ankara ditutup dengan penarikan undian 2 buah undian voucher brunch untuk 2 orang yang diupayakan oleh KBRI Ankara dari sponsor Sheraton Hotel.

 

Wonderful Indonesia Night di Izmir

 

Di Izmir kota wisata pantai dan peninggalan sejarah kuno, kegiatan promosi Wonderful Indonesia sangat istimewa karena selain delegasi Kemenparekraf, hadir pula delegasi Musium Seni Rupa & Keramik serta delegasi Musium Wayang dari Pemprop DKI Jakarta yang secara bersama juga turut mengisi acara.

 

Acara malam Wonderful Indonesia diselenggarakan di teatre-hall Pusat Kebudayaan Dr. Yusuf Vardar-Universitas Ege di Izmir pada tanggal 27 Nopember 2012. Sehari sebelum acara malam Wonderful Indonesia tersebut, di ruang ekshibisi gedung Pusat Kebudayaan tersebut diselenggarakan pameran keramik langka (duplikat dan asli) koleksi Musium Seni Rupa dan Keramik, yaitu berupa pecahan-pecahan keramik asli bermotif peninggalan kerajaan Banten yang sekarang dijadikan motif batik Banten dan replika arca milik kerajaan Trowulan. Pameran arca/keramik yang di ruang ekshibisi di Pusat Kebudayaan milik Ege Universitas tersebut berhasil memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada pengunjung bahwa sama dengan Turki, Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang kaya dengan kebudayaan dan peninggalan sejarah.

 

Masih diruang ekshibisi yang sama, delegasi Musium Wayang juga memamerkan beberapa sampel wayang kulit dan wayang golek. Para pengunjung pameran masih sangat awam dengan kebudayaan/kesenian wayang ini sehingga mereka sangat antusias ingin mengetahui lebih banyak mengenai kebudayaan Jawa tersebut.

 

Terbilang beberapa pejabat pemerintah/propinsi yang hadir dalam acara malam Wonderful Indonesia di Universitas Ege, kota Izmir tersebut diantaranya adalah: Wakil Gubernur, Wakil Walikota Izmir, Republik Prosecutor Court of Justice Court, para Konsul Jenderal negara-negara sahabat, Konjen Kehormatan, Pejabat Tinggi TRT (TV Pemerintah Turki) Izmir, Rektor Ege Universitas, Rektor Universitas Gediz, Bupati, Ketua Yayasan Seni dan Pendidikan, Anggota Senat Turki untuk Uni Eropa, Ketua Kamar Perikanan Izmir, dan Mantan Duta Besar. Tamu undangan lainnya adalah jajaran akademisi dan mahasiswa Universitas Ege, press dan media serta pelajar Indonesia di Izmir. Gedung pusat kebudayaan yang mempunyai kapasitas 700 orang tersebut dipenuhi oleh semua tamu yang ingin menyaksikan acara Wonderful Indonesia.

 

Acara Malam Wonderful Indonesia dibuka dengan sambutan dari Konsul Kehormatan Indonesia di Izmir Mrs. Nalan Rimer yang menjelaskan sekilas pengalamannya dari awal menjadi Konhor Indonesia di Izmir dan hubungan Indonesia – Turki secara sepintas.

 

Duta Besar RI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama antara KBRI Ankara – Kementerian Parekraf, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang – Konhor Indonesia di Izmir serta dengan pihak Universitas Ege di Izmir sehingga acara Wonderful Indonesia Night dapat terselenggara dengan baik.

 

Sambutan oleh Rektor Universitas Prof. Dr. Candeger Yilmaz diawali dengan intermeso dimana beliau menyebutkan bahwa dua wanita yang telah memberikan sambutan sebelumnya (Ibu Duta Besar dan Konsul Kehormatan) akan menjadi semakin kuat enerji positifnya dengan penambahan satu wanita lagi (Rektor sendiri) dalam upaya meningkatkan hubungan Indonesia dan Turki. Intermeso tersebut disambut oleh gemuruh tepuk tangan para pengunjung. Isi sambutan Rektor Candeger sendiri menyebutkan bahwa meskipun terlihat sederhana, seni mampu menjembatani peningkatan hubungan Indonesia dan Turki. Turki yang sedang menyiapkan acara Expo 2020 di Izmir sangat memerlukan hubungan sosial, budaya, seni, nilai-nilai kemanusiaan, dan ini dapat mulai dipupuk dengan Indonesia.

 

Sebelum acara pertunjukan tarian Indonesia, diputar film pendek wisata Indonesia dan dilanjutkan dengan paparan oleh Sdr. Kosmas Harefa – Direktur Akademi Pariwisata Medan menyampaikan presentasi dan tayangan power point promosi pariwisata yang telah diterjemahkan dalam bahasa Turki sehingga dapat dipahami oleh para undangan.

 

Alur program Wonderful Indonesia di Izmir tidak jauh berbeda dengan acara di Ankara. Tamu protokol diundang untuk menikmati refreshment sebelum acara Wonderful Indonesia dimulai. Pada hari itu ruang ekshibisi yang bersambungan dengan aula pertunjukan dipadati oleh para tamu yang ingin mendapat informasi mengenai wayang dan keramik. Museum Seni Rupa dan Keramik juga memamerkan 12 lukisan replika karya pelukis-pelukis terkenal Indonesia dan mendapat tanggapan positip dan cukup hangat dari para tamu.

 

Pertunjukan wayang yang dimainkan oleh grup Museum Wayang selama 20 menit diiringi oleh musik gamelan (yang dipinjam dari KBRI Ankara) secara live juga mendapat sambutan yang cukup baik dari tamu undangan. Turki yang juga mempunyai kebudayaan pertunjukan wayang (Karagöz dan Hacivat) yang agak serupa terlihat cukup menikmati pertunjukan wayang tersebut. Dalang yang memainkan cerita lagenda Gatot Kaca kadang menyelipkan kalimat bahasa Turki dan Inggris sehingga para tamu mengerti cerita yang dimainkan. Selain permainan wayang kulit dan wayang golek, Museum Wayang juga menampilkan 2 (dua) tarian yang tak kalah menariknya.

 

Setelah pemberian beberapa souvenir kecil dan penarikan undian berupa 2 buah tiket pesawat Izmir-Istanbul-Jakarta yang berhasil dimintakan oleh KBRI Ankara dari Qatar dan Turki Airline yang diikuti oleh tari Poco-Poco bersama para tamu, acara malam Wonderful Indonesia di Universitas Ege Izmir berakhir.

 

Wonderful Indonesia Night di Antalya

 

Perjalanan tur promosi kebudayaan di Turki sampai pada kota terakhir, yaitu Antalya kota wisata pantai yang juga terkenal di Turki. Acara malam Wonderful Indonesia di Antalya diselenggarakan pada tanggal 29 November 2012 di Pusat Kebudayaan Ataturk, Universitas Akdeniz. Kerjasama yang erat antara KBRI Ankara dengan Universitas Akdeniz terlihat dari dukungan positif yang diberikan oleh pihak Universitas dalam sambutan hangat oleh Rektor dan jajarannya.

 

Dalam hari yang sama, KBRI juga berhasil memfasilitasi pertemuan antara Direktur Akademi Pariwisata Medan dan staf Direktorat Promosi Pariwisata Luar Negeri Kemenparekraf dengan Prof. Dr. Burhan Ozkan (Penasehat Rektor - Direktur Kerjasama Luar Negeri Universitas Akdeniz) dan telah berhasil menjajagi kemungkinan kerjasama lebih lanjut secara formal antara Universitas Akdeniz dengan Akademi Pariwisata Medan misalnya dalam program Erasmus (student exchange program pertukaran singkat mahasiswa asing). Pertemuan selanjutnya antara Duta Besar RI Ankara beserta Direktur Akademi Pariwisata dan staf Kemenparekraf serta Fungsi Sosbudpen KBRI Ankara dengan Rektor Universitas Akdeniz didampingi oleh Direktur Kerjasama Luar Negeri dan staf bertempat di ruang kerja Rektor. Pokok pembicaraan antara lain adalah kedua pihak sepakat bahwa event penyelenggaraan Malam Wonderful Indonesia ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kerjasama lebih formal dan konkrit di berbagai bidang pendidikan dan pelatihan antara Universitas Akdeniz dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai penutup rangkaian pertemuan, sore harinya sebelum Malam Wonderful Indonesia dimulai, Direktur Akademi Pariwisata Medan beserta staf Kemenparekraf dan Minister Counsellor Fungsi Sosbudpen KBRI Ankara mengadakan pertemuan dengan jajaran Fakultas Pariwisata Universitas Akdeniz diterima oleh Mr. Yildirim YILMAZ Ph D (Assistant Professor – Erasmus Coordinator). Inti pembicaraan antara lain : kedua pihak sepakat untuk memulai saling tukar menukar draft dokumen kerjasama antara Universitas Akdeniz (khususnya Fakultas Pariwisata) dengan Akademi Pariwisata Medan. Pertemuan diakhiri dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas Fakultas Pariwisata untuk kepentingan kuliah dan praktek bagi para mahasiswa fakultas tersebut.

 

Dalam acara malam Wonderful Indonesia yang dihadiri oleh lebih dari 350 orang, Duta Besar LBBP, Nahari Agustini menyampaikan sambutan pembukaan yang antara lain menyatakan ucapan terima kasih atas kerjasama antara Universitas Akdeniz dengan KBRI Ankara sehingga kehadiran delegasi Kemenparekraf beserta tim keseniannya pada Malam Wonderful Indonesia dapat terlaksana di kampus ini. Dubes RI Ankara berharap pengenalan dan pemahaman mengenai keindahan dan kekayaan anekaragam seni budaya dan obyek-obyek wisata Indonesia oleh kalangan akademisi, mahasiswa, pejabat setempat dan kalangan media masa yang hadir pada acara tersebut semakin meningkat. Demikian pula diharapkan kerjasama antara Universitas Akdeniz dengan perguruan tinggi di Indonesia sebagai salah satu bentuk “people-to-people contact” dapat terwujud.

 

Rektor Akdeniz Universitas, Prof. Dr. Israfil Kurtcephe menyampaikan sambutan pembukaan antara lain berisikan selain mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Universitas Akdeniz untuk pentas seni budaya Indonesia juga menyatakan bahwa Indonesia meskipun jauh letaknya dari Turkey tetapi senantiasa dekat di hati bangsa Turki karena memiliki hubungan sejarah yang lama dan Indonesia sebagai negara mayoritas berpenduduk muslim terbesar di dunia. Penyelenggaraan Malam Wonderful Indonesia ini diharapkan akan semakin meningkatkan hubungan kerjasama universitas dengan perguruan tinggi di Indonesia serta hubungan baik kedua bangsa.

 

Urutan acara malam Wonderful Indonesia di Universitas Akdeniz ini tampil sama dengan penyelenggaraan acara di kota Ankara. Usai penayangan film singkat dari Kemenparekraf mengenai promosi pariwisata Indonesia, Direktur Akademi Pariwisata Medan menyampaikan paparan power point dalam bahasa Inggris sedangkan paparan dilayar menggunakan narasi berbahasa Turki hasil terjemahan oleh staf KBRI Ankara sehingga memudahkan bagi audience yang rata-rata tidak paham bahasa Inggris.

 

Poco-Poco yang ditarikan bersama dengan tamu undangan, menutup acara Wonderful Indonesia sebelum penarikan undian tiket pesawat gratis yang berhasil dimintakan oleh KBRI Ankara dari Qatar Airways dan Turkish Airline untuk penerbangan Antalya-Istanbul-Jakarta p.p. masing-masing 1 tiket. Salah satu pemenang undian tiket adalah Mr. Yildirim YILMAZ Ph D (Assistant Professor – Erasmus Coordinator dosen Fakultas Pariwisata Universitas Akdeniz) yang dalam pertemuan di Fakultas Pariwisata menerima kunjungan Direktur Akademi Pariwisata Medan, sehingga diharapkan akan semakin memacu keinginan mewujudkan kerjasama pendidikan dan ketrampilan pariwisata kedua perguruan tinggi tersebut.

 

 

 

Pelaksanaan kegiatan promosi pariwisata Indonesia berupa paparan presentasi obyek-obyek wisata potensial Indonesia yang dikemas dengan penampilan senitari dan di Izmir dilengkapi dengan pentas wayang golek dan kulit serta pameran seni rupa dan keramik dari Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik DKI Jaya sangat mengudang decak kagum para penonton. Keberhasilan KBRI Ankara untuk mengkoordinasikan antara pihak-pihak di Indonesia dan counter part KBRI Ankara di Ankara, Antalya dan Izmir serta perolehan 4 tiket gratis dari Turkish Airline dan Qatar Airways merupakan upaya yang tidak sia-sia. Demikian pula banyaknya berita mengenai event ini yang dimuat di harian setempat (copy terlampir) kiranya banyak membantu menyebarluaskan misi promosi pariwisata dan seni budaya Indonesia di Turki khususnya di kota-kota wisata terkenal di pantai Mediteranian Turki.

 

Ke depan diharapkan kiranya kiprah promosi pariwisata dan seni budaya Indonesia di Turki dapat lebih banyak melibatkan peran serta sektor industri pariwisata Indonesia dalam forum-forum seminar/diskusi/paparan untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para calon buyers/wisman yang datang di pameran-pameran pariwista internasional.