Tim Ekspedisi Fastron Metro TV Asia – Eropa

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Ekspedisi Fastron Metro TV Asia – Eropa yang terdiri dari 12 orang pria dan 1 wanita dengan mengendarai 4 Toyota Fortuner SUV telah tiba di Ankara Turki dengan selamat pada tanggal 3 Desember 2011 malam disambut oleh Fungsi Sosbudpen dan Fungsi Protkons beserta staf KBRI Ankara.

Tim memasuki wilayah Turki dari Iran dalam kondisi temperatur udara di Erzurum Turki Timur adalah -16 derajad Celcius, namun kondisi fisik, mental para awak tim dan kendaraannya dalam keadaan sehat meskipun nampak sangat kelelahan. Tujuan Tim Ekspedisi ini antara lain untuk menapaktilas Jalan Sutra dengan mempromosikan serta menguji kehandalan produk oli Fastron Pertamina, Toyota SUV Fortuner hasil produksi Karawang Jabar serta ban Gajah Tunggal. Selama di Ankara, sebagian anggota Tim khususnya para reporter Metro TV dan Media Indonesia sempat mengunjungi benteng kuno peninggalan sejarah dan musolium tempat makam bapak bangsa Turki Kemal Ataturk.

Mengingat tim tidak sempat mendapatkan visa ijin untuk mengadakan couverage berita karena kendala waktu pada saat berangkat dari Jakarta, maka tim tidak melakukan kegiatan jurnalistik selama di Turki.

Dalam acara makan siang di Wisma Duta hari Minggu 4 Desember 2011, para awak tim menceritakan pengalamannya selama dalam perjalanan yang telah menempuh jarak sekitar 23.000 km dari Jakarta dan mejawab pertanyaan-pertanyaan tentang maksud dan tujuan ekspedisi, serta dalam bentuk apa produk hasil dari ekspedisi ini, yang diajukan oleh para peserta makan siang yang terdiri dari seluruh homestaff dan istri, local staff dan istri/suami serta para siswa Indonesia di Ankara yang diundang pada acara makan siang tsb.

Dalam kesempatan paparan oleh tim, Duta Besar RI Ibu Nahari Agustini menyampaikan pesan dan harapan kepada tim untuk senantiasa ikut mempromosikan citra dan produk-produk Indonesia di negara-negara yang akan dilewati. Usai makan siang, tim ekspedisi berfoto bersama seluruh staf KBRI dan keluarga serta para siswa Indonesia.

Acara berlanjut hingga malam hari untuk melepaskan lelah dan kebosanan berkendaraan mobil dengan menyanyi karaoke bersama pegawai setempat dan para siswa Indonesia hingga malam hari.

Pada hari Senin 5 Desember 2011 pagi tim menuju Istanbul dan akan menuju perbatasan Turki – Bulgaria pada tanggal 7 Desember 2011 selanjutnya akan meneruskan perjalanan hingga ke Venesia Italia yang diperkirakan akan tiba di Venesia tanggal 20 Desember 2011