SEMARAK PERINGATAN HUT PROKLAMASI RI KE-68 DI KBRI ANKARA, TURKI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68 Tahun 2013, KBRI Ankara telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh pelajar/mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Ankara, Turki, antara lain upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, pertandingan olah raga dan perlombaan.


Pada tanggal 29 - 30 Juni 2013 telah dilaksanakan kegiatan pertandingan olah raga dan perlombaan dalam rangka menyambut peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang diikuti oleh pelajar/mahasiswa Indonesia di Ankara, antara lain pertandingan bulutangkis, tenis meja, futsal dan bola voli serta perlombaan ketangkasan, balap karung, dan makan simit.


Tanggal 17 Agustus 2013, KBRI Ankara melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-68.  Upacara dihadiri oleh kurang lebih 200 orang pelajar/mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Ankara dan kota-kota lain di Turki, seperti Bursa, Konya, Adana dan Eskisehir. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai pembina upacara adalah Duta Besar RI untuk Republik Turki, Ibu Nahari Agustini, dengan pemimpin upacara Mayor (Inf) Chandra P. Rachman dan pasukan pengibar bendera merah putih adalah para mahasiswa Indonesia di Turki.


Dalam sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan harapannya agar masyarakat Indonesia di Turki dapat memanfaatkan momentum peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-68 untuk kembali merenungkan dan meneladani nilai-nilai kebangsaan, dan semangat kejuangan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa dan pejuang kemerdekaan. Mereka adalah sumber inspirasi, dan kekuatan bagi kita untuk terus mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.  Selain itu Duta Besar RI juga menyampaikan sejumlah pesan Presiden RI, antara lain mengenai pentingnya kemampuan mengelola ekonomi di tengah ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, pentingnya memelihara kerukunan dan toleransi, pentingnya untuk menyukseskan Pemilu 2014 dan suksesi kepemimpinan secara demokratis dan damai, dan pentingnya untuk terus mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.  


Pada upacara pengibaran bendera tersebut, dilaksanakan pula penganugerahan tanda kehormatan Satya Lancana Karyasatya 20 Tahun kepada Sdr. Bahrun S.Sos., Petugas Komunikasi KBRI Ankara, atas pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil selama 20 tahun.


Setelah upacara pengibaran bendera diselenggarakan sejumlah perlombaan yang diikuti oleh anak-anak Indonesia, penyerahan hadiah bagi pemenang pertandingan dan perlombaan serta syukuran dan ramah tamah yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue serta pembagian door prize..


Upacara penurunan bendera merah putih yang dilaksanakan pada sore harinya berjalan dengan khidmat dan lancar dengan dihadiri seluruh staf KBRI Ankara beserta keluarga dan pelajar/mahasiswa serta masyarakat Indonesia di Ankara dan kota-kota sekitarnya.

 

Ankara, 17 Agustus 2013??