Rangkaian pertandingan "Tujuh Belasan" telah diselenggarakan oleh KBRI Ankara dalam rangka kegiatan peringatan HUT PROKLAMASI RI ke 67 Tahun 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 7 dan 8 Juli 2012, lebih dari seratus warga negara Indonesia dari seluruh elemen Masyarakat Indonesia di Ankara dan kota-kota lain di Turki telah ikut ambil bagian dalam pertandingan olahraga yang digelar KBRI Ankara dalam rangka memperingati HUT ke-67 Kemerdekaan RI tahun 2012.

 

Rangkaian pertandingan tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh KUAI KBRI Ankara, Garnijanto Bambang Wahjudi di Ruang Serbaguna Wisma Duta Besar KBRI Ankara. Disampaikan dalam sambutannya bahwa rangkaian perlombaan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk saling bersilaturahmi dan juga diharapkan dalam pertandingan yang akan diselenggarakan, tetap dijunjung fairplay dalam berolah raga untuk tujuan mengokohkan persaudaraan.

 

Senada dengan hal tersebut, dalam laporannya, Ketua Seksi Olahraga, Hanif Salim menyampaikan mengenai rangkaian perlombaan yang akan diadakan untuk memperingati HUT Proklamasi RI ke 67. Menambahkan hal tersebut, dijelaskan pula oleh Ketua Panitia HUT RI ke -67, Starlet Yuniarti K, bahwa kegiatan pertandingan ini merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian perayaan HUT RI dimana akan dilanjutkan dengan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2012 dan resepsi diplomatik pada akhir Agustus 2012. Disampaikan pula bahwa perlombaan ini bertujuan untuk mengukuhkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang ada di Turki dengan harapan bahwa masyarakat yang tersebar dapat berkumpul dan bersatu untuk bersama-sama berolahraga dan saling mengenal satu sama lainnya serta mengeratkan tali silaturahmi. Sebagai tanda dimulainya pertandingan, maka KUAI KBRI Ankara melakukan servis bola voli.

 

Tahun ini panitia lomba KBRI Ankara membagi perlombaan ke dalam dua waktu pelaksanaan, yakni 7 Juli 2012, untuk lomba Tenis Meja, Voli, Makan Simit (roti Turki), Balap Karung, dan Tarik Tambang, serta pada tanggal 8 Juli 2012 untuk lomba Futsal dan beragam pertandingan khas

 

Agustusan lainnya. Lomba- lomba tersebut tidak hanya diselenggarakan untuk kalangan dewasa namun juga untuk anak-anak. Lomba-lomba tersebut diadakan di Lapangan Tenis dan Gedung Serba Guna Wisma Duta Ankara serta Lapangan futsal Lozan Park, Ankara. Hal yang baru dari lomba yang diselenggarakan pada tahun ini adalah adanya lomba makan simit yang merupakan penganan khas Turki.

 

Rangkaian acara lomba dan pertandingan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-67 RI pada tahun ini telah berlangsung lancar dan meriah. Kegiatan berikutnya dalam rangkaian pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI ke-67 yaitu Upacara Pengibaran Bendera akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2012, di halaman wisma Duta KBRI Ankara, Turki.