Penyelenggaraan Upacara Bendera

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai rangkaian acara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 di Wisma Indonesia pada bulan Juli 2012 telah diselenggarakan beberapa pertandingan olahraga dan permainan yang diikuti oleh staf KBRI Ankara beserta keluarga, beberapa pelajar Indonesia dan masyarakat Indonesia beserta keluarga warganegara Turki di Ankara dan sekitarnya.
 
Puncak acaranya, pada tanggal 17 Agustus 2012 di Wisma Indonesia telah diselenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 secara tertib, lancar dan khidmat. Upacara yang diikuti oleh sekitar 100 orang yang terdiri dari seluruh staf KBRI Ankara, DWP KBRI Ankara, beberapa Pelajar Indonesia (PPI) dan Masyarakat Indonesia (MI) di Ankara dan sekitarnya dipimpin oleh Asisten Athan, dan Duta Besar RI sebagai Pembina Upacara (Inspektur Upacara).
 
Duta Besar RI dalam sambutannya mengajak seluruh staf KBRI Ankara, PPI dan MI di Turki untuk senantiasa terus bersatu, bekerja lebih keras dan berkarya lebih baik lagi. Sebagai masyaraat Indonesia yang tinggal di luar negeri, kiranya dapat turut mewujudkan cita-cita, tujuan dan kepentingan Indonesia di Turki dengan senantiasa meningkatkan peran masing-masing dalam pergaulan dan lingkungan kerja atau lingkungan akademis masing-masing. Duta Besar RI juga menghimbau masyarakat Indonesia di Turki untuk terus meningkatkan peran serta, kinerja, loyalitas dan kapabilitas guna turut meningkatkan pembangunan di segala bidang, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan pemajuan citra bangsa Indonesia. Usai upacara bendera dilanjutkan acara pembagian hadiah bagi pemenang pertandingan olahraga dan permainan serta pemberian piagam penghargaan kepada para Pelajar Indonesia di Ankara yang telah sukses melaksanakan tugas sebagai Paskibra upacara bendera tersebut.
 
Sore harinya Duta Besar RI bertindak lagi sebagai Pembina Upacara pada acara Penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih di Wisma Indonesia. Upacara ini juga diikuti oleh seluruh staf KBRI Ankara, staf Athan, DWP dan beberapa Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia. Usai upacara penurunan bendera, dilanjutkan acara lomba permainan anak-anak staf KBRI Ankara dan beberapa keluarga Indonesia – Turki.
 
Sebagai penutup rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 ini diadakan Pemotongan Tumpeng oleh Duta Besar RI dilanjutkan Buka Puasa Bersama. Dalam sambutannya Duta Besar RI menghimbau seluruh Masyarakat Indonesia di Turki untuk lebih meningkatkan kerukunan, kekompakan dalam pergaulan sehari-hari dan pekerjaan. Usai makan malam ditutup dengan pembagian hadiah “door prize” yang merupakan sumbangan dari seluruh home staff bagi masyarakat dan pelajar Indonesia serta para local staff yang hadir pada malam tersebut.
 
Menteri Kehakiman Turki dan Pertahanan
Turki hadiri Malam Resepsi Diplomatik
HUT Kemerdekaan RI ke-67
di Wisma Indonesia Ankara
 
Malam Resepsi Diplomatik memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 telah diselenggarakan di Wisma Indonesia pada tanggal 3 September 2012 dengan baik, lancar dan sukses. Sekitar 250 orang yang terdiri dari para dubes negara-negara sahabat, staf diplomatik, pejabat tinggi pemerintah setempat, pengusaha, akademisi dan wartawan hadir pada acara tersebut meskipun dalam waktu yang bersamaan Kedubes Vietnam juga menyelenggarakan malam resepsi.
 
Wakil Menteri Pertahanan Mr. Hasan Kemal Yardimci dan Dubes Fatih Ceylan (Deputy Undersecretary Kemlu Turki) serta seluruh tamu undangan tersebut menyaksikan tarian Indonesia yang dimainkan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Ankara sambil menikmati makanan Indonesia yang dihidangkan oleh Wisma dan ibu-ibu DWP KBRI Ankara. Menjelang akhir acara Menteri Kehakiman Mr. Sadullah Ergin hadir dan sempat menyaksikan tarian Indonesia dan menikmati makanan ringan Indonesia.
 
Dubes RI Ankara dalam kata sambutan menyampaikan sejarah singkat berdirinya NKRI yang diproklamasikan oleh Presiden Soekarno dan Moh Hatta, kemajuan yang dicapai di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta hubungan baik Indonesia – Turki sejak dibukanya hubungan diplomatik tahun 1950 dan berharap hubungan kedua negara akan semakin membaik di masa depan. Acara malam resepsi ini diliput oleh wakil Kantor Berita Anadolu (Anadolu News Agency), copy berita terlampir.
 
Malam Resepsi Diplomatik yang merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan perayaan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 di Ankara ini sekaligus dimanfaatkan untuk promosi seni budaya dan pariwisata Indonesia. KBRI Ankara menyediakan display hasil seni kerajinan Indonesia dan membagi-bagi brosur kepada para tamu undangan pada saat meninggalkan Wisma Indonesia. (Sumber : KBRI Ankara)