Peringatan Nuzulul Quran 1438H oleh Diaspora Indonesia di Yordania

6/15/2017

Pada tanggal 15 Juni 2017, KBRI Amman menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran 1438H, bertempat di Wisma Duta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 200 Diaspora Indonesia dari berbagai latar belakang, mulai dari para mahasiswa hingga pekerja profesional. Ceramah Nuzulul Quran dibawakan oleh Ustad Amrullah dari Direktorat Penerangan Agama Islam, Kementerian Agama RI, yang sedang dinas mendampingi peserta Indonesia untuk berpartisipasi pada MTQ Internasional Putra Ke-25 di Yordania.

Dalam ceramahnya, Ustad Amrullah mengingatkan para jamaah untuk selalu menjadikan Al Quran sebagai petunjuk hidup, baik untuk diri sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping itu umat Islam juga harus mendengar dan melaksanakan seruan Islam untuk selalu berjalan ke dalam koridor ketaqwaan dan kebenaran.

Dalam bulan suci Ramadan, umat Islam diminta untuk meningkatkan hubungan sesama manusia yang mengedepankan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan dalam Islam), menghindari konflik, mengenyampingkan ego dan hal-hal yang dapat merusak tali silaturahim. Krisis diplomatik Qatar adalah salah satu contoh yang sangat disayangkan, rusaknya hubungan sesama Muslim yang terjadi di bulan suci Ramadan. Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya umat Islam perlu menjadikan Al Quran sebagai cahaya di rumah-rumah untuk senantiasa menerangi hati dan membersihkan jiwa.

Peringatan Nuzulul Quran di Wisma Duta ditutup dengan kegiatan Iftar Ramadan, dijamu oleh Dubes RI dan istri. Adapun rangkaian iftar terdiri dari tajil, salat maghrib berjamaah, makan malam, ramah tamah serta ditutup dengan salat Tarawih dan Witir berjamaah. Kegiatan kemasyarakatan ini diselenggarakan secara rutin oleh KBRI Amman, khususnya di bulan suci Ramadan, guna mempererat tali silaturahim para Diaspora Indonesia di Yordania dan Palestina.