Sekilas Yordania

​​​Nama Negara

Kerajaan Yordania Hasyimia

(al-Mamlakah al-Urduniyyah al-Hāshimiyyah / the Hashemite Kingdom of Jordan)

IbukotaAmman
Kepala Negara   Raja Abdullāh bin al-Hussein (Abdullah II)
Kepala Pemerintahan     Perdana Menteri Hani Mulki
 Menteri Luar Negeri dan EkspatriatAyman Hussein Al-Safadi
Luas Wilayah89.342 km²
Penduduk           9,5 juta jiwa (Sensus Nasional 2015)
Mata UangDinar Yordania
GDPUS$ 38,2 miliar (2015, Bank Dunia)
GDP per kapita (PPP)US$ 5.599 (2015, Bank Dunia)
Pertumbuhan Ekonomi2,8% (2015, Bank Dunia)

Hubungan Diplomatik

Pembukaan tahun 1950

Perwakilan Diplomatik         

Duta Besar RI untuk Yordania merangkap Negara Palestina:

H.E. Andy Rachmianto

 

Duta Besar Yordania untuk RI:

H.E. Walid Al Hadid

Data Perdagangan Bilateral

 

 

 

 

 

 

 

(Kemendag RI)

Volume Perdagangan

2015: US$ 256,02 juta

2014: US$ 305,19 juta

2013: US$ 475,12 juta

 

Neraca Perdagangan

2015: - US$ 65,54 juta

2014: + US$    92,6 juta

2013: - US$ 156,42 juta

Ekspor Utama RI ke YordaniaKayu dan produk olahannya (plywood, wood products, paper dan pulp), textile and garment, glassware, glass product, ikan tuna, food and beverage, tyres, palm oil, furniture, kopi dan teh
Impor Utama RI dari YordaniaPotash, fosfat, garam dan produk-produk dari Laut Mati
Investasi Langsung (FDI) Yordania ke IndonesiaUSD 211,9 Juta untuk 3 proyek (BKPM, 2013)
Jumlah WNI2779 jiwa (2015)



Yordania (الأردن al-Urdun) yang nama resminya Kerajaan Yordania Hasyimiah merupakan negara Arab di Asia Barat, dengan wilayah mulai dari selatan gurun Suriah sampai ke teluk Aqaba. Yordania berbatasan dengan Suriah di Utara, Irak di Timur, Israel dan Palestina di Barat, dan Arab Saudi di Timur dan Selatannya. Sebagian besar wilayah Yordania adalah gurun khususnya gurun Arab, namun di sebelah barat laut dengan adanya sungai Yordania (Jordan River) wilayah tersebut merupakan wilayah pertanian yang subur, Amman ibukota Yordania juga terletak di wilayah tersebut.

Yordania kaya akan sejarah, lokasinya yang terletak di pusat Timur Tengah memberikan banyak manfaat baginya. Dalam sejarahnya yang panjang, Yordania telah banyak bersentuhan dengan beragam kebudayaan termasuk kebudayaan kuno dari dunia timur seperti kebudayaan Sumeria, Akkadia, Babylonia, Assyria, Mesopotamia dan Persia. Yordania dahulu pernah merupakan bagian dari jajahan Mesir pimpinan Firaun dan menghasilkan peradaban asli suku Nabatean yang meninggalkan warisan dan kekayaan sisa-sisa arkeologis di Petra. Budaya dari dunia barat juga masih bisa terlihat di Yordania seperti peninggalan Macedonia, Romawi, dan Bizantium. Sejak abad ketujuh Yordania berada dibawah pemerintahan Islam dan budaya Arab, dengan pengecualian dimasa pemerintahan Inggris yang singkat.

Kerajaan Hasymiah Yordania adalah negara monarki konstitusional dimana Raja adalah kepala negara, kepala pemerintahan, dan komandan angkatan bersenjata. Raja melaksanakan kekuasaan eksekutifnya melalui Perdana Menteri dan Kabinetnya. Kabinet sendiri bertanggung jawab badan legislatif yang terdiri dari Senat dan House of Deputies. Kekuasaan Yudisial adalah cabang pemerintahan yang independen. Namun pada kenyataannya Raja adalah penguasa mutlak dari Yordania, semua berada dibawah kekuasaan Raja. Hasyimiah itu sendiri berarti keturunan dari Nabi Muhammad SAW, yang berarti raja-raja dari Yordania merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.