Sekilas Palestina

​​​Nama Negara     Palestina
Ibukota Negara Yerusalem
Kepala Negara   Mahmoud Abbas
Kepala PemerintahanPM Rami Hamdallah
Menteri Luar NegeriRiyad al-Malki
Penduduk           4.295 juta jiwa (2016)
Mata UangShekel
GDPU$$ 12,74 miliar (2014, Bank Dunia)
GDP per kapita (PPP)U$$ 3.060 (2014, Bank Dunia)
Pertumbuhan Ekonomi2,1% (Palestinian Central Bureau of Statistics, 2013)
Hubungan Diplomatik19 Oktober 1989

Perwakilan Diplomatik  

Duta Besar RI untuk Yordania merangkap Negara Palestina, H.E. Andy Rachmianto

Data Perdagangan Bilateral

 

 

 

 

 

  

 

(Sumber: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia)

Volume perdagangan

2015 : US$     3,6 juta

2014 : US$     1,0 juta

2013 : US$ 553,8 ribu​


Neraca Perdagangan

2015 : + US$      3,3 juta

2014 : + US$ 808,1 ribu

2013 : + US$ 181,7 ribu

Ekspor Utama RI ke PalestinaTextile and garment, footwear, wood product, mineral products, stone and glass product, paper,  food and beverage, plastic and rubber, furniture
Impor Utama RI dari PalestinaStone and glass, vegetable product, textile
Jumlah WNI± 10 jiwa​


Negara Palestina (دولة فلسطين Dawlat Filastin) adalah sebuah negara di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordania. Status politiknya masih dalam perdebatan. Sebagian besar negara di dunia termasuk negara-negara anggota OKI, Liga Arab, Gerakan Non-Blok, dan ASEAN telah mengakui keberadaan Negara Palestina. Wilayah Palestina saat ini terbagi menjadi dua entitas politik, yaitu Wilayah Pendudukan israel dan Otoritas Nasional Palestina. Deklarasi Kemerdekaan Palestina dinyatakan pada 15 November 1988 di Aljazaer oleh Dewan Nasional (PNC) Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Terletak di lokasi yang strategis, di antara Mesir, Suriah dan Jazirah Arab, wilayah ini mempunyai sejarah yang panjang. Batas-batas dari wilayah ini selalu berubah sepanjang sejarah, dan terakhir kali ditetapkan pada zaman modern oleh Persetujuan batas Perancis-Britania (1920) dan Nota Transyordania (tanggal 16 September 1922), selama periode Mandat Palestina.

Palestina membentuk bagian tenggara dari kesatuan geografis yang besar di belahan timur dunia Arab yang disebut dengan negeri Syam. Selain Palestina, negeri Syam terdiri dari Lebanon, Suriah dan Yordania. Pada awalnya negara-negara ini punya perbatasan yang kolektif di luar perbatasannya dengan Mesir.

Perbatasan dengan Yordania dimulai di wilayah selatan danau Tabariyya pada pembuangan sungai Al Yarmouk. Terus sepanjang Sungai Yordania. Dari mata air Sungai Yordan, perbatasan ini ke arah Selatan membelah pertengahan Laut Mati secara geometrikal dan lembah Araba, hingga sampai pada daerah Aqaba.