Safari Ramadhan di Aljazair untuk Meningkatkan Semangat Kerja

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menyadari bahwa pekerjaan yang sedang dilaksanakan oleh para pekerja Indoensia di Aljazair sangat berat ditambah dengan iklim yang sangat berbeda dengan di tanah air, maka untuk memperkuat moral semangat mereka bekerja, KBRI Alger telah menyelenggarakan SAFARI RAMADHAN ke kota Tadjenanet, Mila dan Konstantine tempat bermukimnya para pekerja Indonesia yang sedang membangun jalan raya di Aljazair bagian timur.
 
Safari Ramadhan yang berlangsung dari tgl 10 – 13 September 2009 tsb diisi dengan acara iftar (buka puasa) bersama, shalat berjemaah dan mengikuti khotbah yang disampaikan oleh Ustad Djawahir Tanthowi dari Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an (PTIQ) Jakarta dan Ditjen Bimas Islam, Depag RI, yang ke Aljazair dalam rangka mendampingi Sdr. Hamzah Wahyudin, peserta Indonesia dalam MTQ Internasional di Alger untuk kategori hafal Al Qur’an.
 
Kegiatan kerohanian tsb merupakan gagasan KBRI Alger yang ditanggapi dengan positif oleh PT Wijaya Karya, Kajima dan Taisei, kontraktor pengerjaan proyek jalan raya di sektor timur Aljazair yang menilai penting siraman rohani untuk meningkatkan moral dan semangat para pekerja. Mr. Takashi Washimi, manager proyek dari Kajima bahkan menyatakan harapan bahwa kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan lebih sering lagi dimasa mendatang karena perusahaannya menilai semangat tinggi dan iman yang kuat dari para pekerja merupakan kunci kesuksesan pekerjaan.
 
Sebagaimana layaknya masyarakat Indonesia yang sudah lama meninggalkan tanah air, kegiatan tsb mendapat sambutan hangat dari para pekerja. Mereka datang ke tempat acara secara berbondoong-bondong dengan antusias karena tidak hanya akan mendapatkan siraman rohani, tetapi juga akan mendengarkan cerita oleh-oleh dari tanah air.
 
Di kota Tadjenanet jumlah yang hadir lebih dari seribu orang, dan di kota Konstantine sekitar 400 orang. Meskipun acara berlangsung di tempat yang sangat sederhana tetapi atmosfir kebersamaannya sangat terasa. Ustad Djawahir dalam khotbahnya juga menyampaikan agar para pekerja yang berkarya di tempat yang jauh dari tanah air tsb menjadikan pekerjaan ini sebagai ibadah, setidaknya ibadah untuk keluarga. Jika dilakukan dengan niat ibadah, maka insya Allah pekerjaan akan terasa tidak berat. Selain itu pekerjaan ini juga akan memebrikan amalan yang banyak karena jalan raya yang dibangun adalah untuk manfaat masyarakat umum.
 
Sementara itu Dubes RI Yuli Mumpuni Widarso dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sdr. Al Munir Mukhtar, Bidang Protkons KBRI Alger telah mengucapkan selamat kepada para pekerja yang telah ”terpilih” oleh Allah SWT untuk dapat menikmati berkah bulan suci Ramadhan 1430 H. Dubes juga menyampaikan harapan kiranya kegiatan Safari Ramadhan tahun ini dapat membantu memperkuat iman dan semangat kerja, mengingat tugas para pekerja yang sangat berat. Tugas tsb selain menyelesaikan tugas masing-masing secara profesional, juga tugas untuk tetap menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia di Aljazair.