Menteri Luar Negeri Aljazair Menerima Salinan Letter of Credential Dubes Ahmad Ni'am Salim (Press Release No. 02/PR/ALGER/I/12)

2/1/2012

Press Release No. 02/PR/ALGER/I/12

 

Dubes Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Aljazair, Ahmad Ni’am Salim sejak tiba di Alger seminggu yang lalu telah melakukan courtesy call dengan sejumlah Duta Besar negara asing di Aljazair dan pada hari Senin, tanggal 30 Januari 2012, Dubes RI Alger juga melakukan courtesy call kepada Menteri Luar Negeri Aljazair, Mr. Mourad Medelci dalam rangka menyerahkan salinan Surat Kepercayaan (Letter of Credential). Dalam pertemuan itu, kedua pihak menyampaikan harapannya agar hubungan kerjasama antara kedua Negara dapat berkembang ke arah yang lebih produktif dalam uupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua negara.

“Saya sangat senang dengan respon cepat dari Kemlu Aljazair yang menerima kami dengan hangat. Saya berharap hubungan baik antara para pendiri bangsa kita selama ini bias kita lanjutkan dengan kerja keras yang lebih produktif dan inovatif, tidak hanya di bidang politik, tetapi juga diberbagai bidang lainnya khususnya bidang ekonomi” kata Dubes RI Alger kepada Menlu Aljazair. Dubes RI Alger mengungkapkan harapannya agar Pemerintah Aljazair memberikan perhatian yang lebih besar terhadap masalah birokrasi yang terkait dengan kelancaran penyelenggaraan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Aljazair.

Kepada Menlu Aljazair, Dubes RI Alger menyampaikan niatnya yang sebelumnya telah beliau bicarakan bersama dengan Dubes ALjazair  untuk Indonesia, Amb. Abdelkrim Belarbi, yaitu mengenai pembentukan sebuah dewan bisni (business council) yang melibatkan para pelaku usaha kedua negara sebagai salah satu upaya memfasilitasi hubungan perdagangan Indonesia-ALjazair. Dubes Ahmad Ni’am Salim menyatakan pula minat Indonesia untuk mengimpor gas dan fosfat dari Aljazair untuk memenuhi kebutuhan Indonesia terhadap dua produk tersebut. Menyinggung hubungan kerjasama di bidang politik Dubes RI Alger berharap agar hubungan baik yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan diantaranya melalui saling dukung dalam berbagai forum internasional.

Menanggapi harapan Dubes Ni’am Salim tersebut, Menlu Aljazair menyambut baik dan berjanji akan memfasilitasi dan mendorong upaya peningkatan kerjasama Aljazair-Indonesia di  berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi. Beliau mengundang para pengusaha Indonesia untuk mengekspor berbagai produk Indonesia, utamanya barang konsumsi yang tidak diproduksi sendiri oleh Aljazair dan sangat banyak peminatnya seperti teh dan kopi. Selain itu, Menteri Medelci juga mengundang investor Indonesia untuk menanamkan modalnya di Aljazair karena saat ini sedang giat mengembangkan sector industrinya.

Setelah penyerahan salinan Letter of Credential kepada Menteri Luar Negeri Aljazair, selanjutnya Dubes RI Alger akan menyerahkan Letter of Credential langsung kepada Presiden Aljazair yang diharapkan dapat terlaksana dalam waktu dekat.

Alger, 31 Januari 2012