Dubes LBBP RI Alger Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Aljazair (No. 03/PR/ALGER/II/12)

2/9/2012

Press Release No. 03/PR/ALGER/II/12
 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Demokrasi Rakyat Aljazair, Ahmad Ni’am Salim, pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2012 telah menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credential) kepada Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika di Istana Kepresidenan El Mouradia, Alger. Mengenakan pakaian khas Indonesia berupa setelan beskap yang dilengkapi dengan peci hitam, Dubes RI Alger diterima oleh Presiden Aljazair yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri Aljazair, Mourad Medelci dan Penasihat Presiden untuk Urusan Diplomatik, Abdelatif Rahal.

Pada kesempatan pembicaraan empat mata dengan Presiden Aljazair yang dilakukan usai penyerahan surat kepercayaan, Dubes RI Alger menyampaikan salam hangat dari Pemerintah Indonesia kepada Presiden Abdelaziz Bouteflika dan seluruh masyarakat Aljazair serta penghargaan atas eratnya jalinan persahabatan kedua negara selama ini. Dubes Ni’am Salim kembali menggarisbawahi keinginan Indonesia untuk dapat terus berpartisipasi mendukung pembangunan Aljazair, seperti halnya yang pernah dilakukan oleh generasi pendahulu bangsa Indonesia yang telah memberikan dukungannya kepada perjuangan kemerdekaan bangsa Aljazair hingga akhirnya meraih kemerdekaannya di tahun 1962. Berbagai tawaran kerjasama teknis telah disiapkan oleh Indonesia untuk bisa dimanfaatkan oleh Aljazair, antara lain di bidang pertanian, perikanan dan industri kecil dan menengah.

            Menanggapi tawaran tersebut, Presiden Aljazair mengatakan bahwa bangsa dan rakyat Aljazair akan selalu menerima dengan hangat Indonesia karena bagi mereka Indonesia merupakan salah satu negara pionir yang telah memberikan dukungan sangat berarti bagi kemerdekaan bangsa Aljazair. Usulan Dubes RI Alger untuk mendirikan semacam asosiasi persahabatan Indonesia-Aljazair mendapat apresiasi tinggi dari Presiden Bouteflika yang memandang peningkatan hubungan kerjasama kedua negara memang sudah seharusnya juga melibatkan berbagai kalangan masyarakat Indonesia-Aljazair untuk ikut berperan langsung didalamnya.

 

 

            Di akhir rangkaian acara penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Aljazair, Dubes RI Alger menyampaikan pernyataan singkat di hadapan para wartawan media Aljazair yang telah menunggu di halaman istana El Mouradia. Kepada para wartawan Dubes Ni’am Salim menyampaikan harapannya agar hubungan persahabatan dan kerjasama yang telah terjalin antara Indonesia dan Aljazair dapat terus berlangsung dengan harmonis serta senantiasa berkembang menuju ke arah yang semakin baik dan produktif, dengan tujuan meningkatnya kesejahteraan masyarakat kedua negara bersahabat tersebut. Dinyatakan pula bahwa Indonesia-Aljazair perlu terus mengembangkan kerjasama yang lebih produktif dan inovatif, tidak hanya di bidang politik, tetapi juga di berbagai bidang lainnya khususnya bidang ekonomi dan perdagangan maupun pariwisata.

 

Alger, 9 Februari 2012