Partisipasi indonesia pada pameran internasional pekerjaan umum (stip) ke-9 di Alger, Aljazair (No. 07/PR/ALGER/XI/2011)

11/29/2011

Dalam rangka mempromosikan keunggulan sektor konstruksi Indonesia di Aljazair, KBRI Alger bekerjasama dengan PT. Wijaya Karya Tbk berpartisipasi pada Pameran Internasional Pekerjaan Umum Alger ke-9 (9éme Salon International des Travaux Publics – SITP 2011 ) yang berlangsung di Palais des Expositions SAFEX, Alger pada tanggal 21 – 24 November 2011. Pameran yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum Aljazair, Dr. Amar Ghoul tersebut diikuti oleh 235 perusahaan BUMN dan swasta Aljazair serta 115 perusahaan asing.

            Pada saat peresmian pameran, paviliun Indonesia mendapat kehormatan dikunjungi pertama kali oleh Menteri Pekerjaan Umum Aljazair, Dr. Amar Ghoul yang didampingi oleh Wakil PM. Aljazair, Mr. Nourdine Zerhouni dan sejumlah pejabat tinggi di Kementerian PU Aljazair serta mengadakan dialog dengan Manajer Proyek PT. WIKA Aljazair, Ir. Tamjianto mengenai aktifitas pekerjaan            PT. WIKA yang telah lebih empat tahun berkiprah dalam pembangunan proyek “East West Motorway” di wilayah timur Aljazair. Saat ini PT. WIKA Aljazair tengah menyelesaikan pekerjaan tambahan yang diberikan oleh kontraktor utama “COJAAL” yaitu pembuatan terowongan, jalan, saluran drainase jalan (box culvert), unit road box culvert, setelah pekerjaan utama dapat diselesaikan pada awal tahun 2011 sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam kontrak. Tahun 2012 – 2013, PT. WIKA juga akan mengerjakan pembangunan proyek real estate di propinsi Constantine, yaitu pembangunan perumahan sosial untuk masyarakat sebanyak 1500 unit yang terdiri dari 80 menara.

            Selama berlangsungnya pameran, paviliun Indonesia mendapatkan banyak perhatian dan kunjungan baik dari kalangan pengusaha nasional Aljazair maupun asing. Sejumlah perusahan konstruksi lokal seperti “T.C.E / Entreprise de Travaux de Construction, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan pembangunan perumahan serta infrastruktur pekerjaan umum dan Perusahaan “ ALCAHYD” / Algérienne des Canalisations Hygrauliques” perusahaan nasional Aljazair yang bergerak di bidang kanalisasi hidrolik, tertarik menjajaki kerjasama dengan PT. WIKA Aljazair untuk mengerjakan sejumlah proyek infrastruktur utama di Aljazair.

            Meskipun hanya diikuti oleh satu BUMN konstruksi asal Indonesia, KBRI Alger berharap melalui partisipasi Indonesia dalam pameran ini dapat memberikan kontribusi bagi upaya meningkatkan hubungan ekonomi bilateral Indonesia – Aljazair, khususnya di bidang konstruksi sebagaimana yang tercantum di dalam Memorandum Saling Pengertian (MoU) Tentang Kerjasama Di Bidang Infrastruktur Pekerjaan Umum yang telah ditanda tangani kedua negara dalam kesempatan kunjungan Menteri PU Aljazair, Dr. Amar Ghoul ke Jakarta pada tanggal 12 – 16 Januari 2009.

 

                     Alger, 29 November 2011