DELEGASI KESENIAN INDONESIA MEMERIAHKAN PEMBUKAAN (No. 02/PR/ALGER/IV/2011)

4/17/2011

Kota Tlemcen di Aljazair Bagian Barat dan Ibukota Wilayah Tlemcen telah terpilih sebagai “Ibukota Kebudayaan Islam 2011” dalam Pertemuan Para Menteri Kebudayaan Organisasi Konperensi Islam (OKI) di Baku, Azerbaizan tahun 2009. Pemerintah Aljazair mengajukan Kota Tlemcen dan memenangkannya untuk tahun 2011 karena kota tsb memang dikenal menyimpan budaya, sejarah, tradisi dan arsitektur Islam tertua di Afrika Utara. Seluruh rangkaian kegiatan siar budaya Islam “Tlemcen: Ibukota Kebudayaan Islam 2011” dikemas dalam bentuk Festival Budaya Islam sepanjang tahun 2011 yang diikuti oleh berbagai Negara, baik Negara anggota OKI maupun Negara sahabat Aljazair yang memiliki tradisi dan kesenian bernuansa Islam.

 Pembukaan Festival dikemas dalam bentuk Pesta Rakyat yang berlangsung pada hari Kamis tgl 15 April 2011 dihadiri oleh Menteri Kebudayaan Aljazair, Dr. Khalida Toumi dan para Menteri Kebudayaan dari Negara-negara Islam lainnya, pejabat Pemerintah Aljazair serta perwakilan diplomatik Negara-negara sahabat yang menyaksikan atraksi arak-arakan delegasi kesenian dari berbagai Negara, a.l. Indonesia, Arab Saudi, Mesir, Tunisia, Turki, Yaman, Maroko, Mauritania, Palestina, Iran, Kamerun, Senegal, dan tuan rumah Aljazair. Arak-arakan yang berparade di sepanjang jalan protokol Kota Tlemcen tsb diawali oleh penampilan Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Tim Kesenian KBRI Alger, berjumlah 10 orang, dipimpin oleh Yasfitha Febriani Murthias, Sekretaris III KBRI Alger. Semua anggota Delegasi Indonesia berbusana tradisional dari berbagai Propinsi di Indonesia yang beragam warna dan gemerlapan, menampilkan musik angklung untuk mengiringi Salawat Badar. Penampilan Delegasi Indonesia mendapat sambutan sangat meriah baik dari para Tamu Kehormatan yang menyaksikan dari panggung kehormatan maupun dari masyarakat Kota Tlemcen yang memenuhi sisi kiri dan kanan jalan protokol. Mereka mengaggumi busana indah dan gemerlap yang kenakan oleh Delegasi Indonesia yang dengan piawai memainkan angklung sambil melantunkan bait-bait Salawat Badar. Beberapa penonton yang penasaran melihat angklung berani masuk ke tengah barisan Delegasi Indonesia untuk mencoba memainkan angklung yang baru pertama kalinya mereka saksikan. Menteri Kebudayaan Khalida Toumi tampak sangat bangga dan terharu dengan partisipasi Indonesia, Negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, telah ikut memeriahkan Pesta Rakyat Festival Budaya Islam Tlemcen 2011.

Partisipasi Indonesia pada Festival Budaya Islam yang akan berlangsung sepanjang tahun 2011 tsb akan dilakukan pada tanggal 5 – 12 September 2011 dimana Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI akan menggelar Pekan Budaya Islam Indonesia yang akan menampilkan serangkaian kegiatan, diantaranya pameran foto, kaligrafi, batik, kuliner, tari, teater, film dan seminar.

Alger, 17 April  2011