Kedutaan Besar Republik Indonesia

Hubungan bilateral RI-Ethiopia mulai dirintis sejak tahun 1955 pada saat penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika yang pertama dan dilanjutkan dengan KTT Gerakan Non-Blok pada tahun 1961. Kedua negara membuka hubungan diplomatik pada tahun 1961 dan dilanjutkan dengan pembukaan Kedutaan Besar RI di Addis Ababa pada tanggal 20 Oktober 1964. Dubes RI pertama untuk Ethiopia, Mayor Jenderal Suadi ketika itu masih memimpin KBRI Addis Ababa di rumah sewa. Pada tahun 1966, pembangunan gedung KBRI Addis Ababa dimulai. Dan pada tahun 1968 gedung KBRI Addis Ababa yang berlokasi di Egypt Street, Higher 23, Kebele 13, House No. 1816, Addis Ababa secara resmi dipergunakan sampai sekarang.  Peresmian gedung KBRI Addis Ababa pada tahun 1968 disambut baik oleh Ethiopia, bahkan Kaisar Haile Selassie menyempatkan untuk hadir pada acara peresmian tersebut.
KBRI Addis Ababa mempunyai luas kurang lebih sekitar 10.000 M², yang terdiri dari Kantor KBRI dan Wisma Duta RI yang terpadu dalam satu kawasan, sehingga menjadikan sebagai salah satu dari sepuluh Perwakilan RI di luar negeri yang terluas.
Saat ini, Wilayah kerja KBRI Addis Ababa merangkap Republik Djibouti dan Uni Afrika. Sebelumnya, KBRI Addis Ababa diberi tugas untuk juga merangkap Republik Federasi Somalia.